Masa Depan VW di AS Terancam Tamat

Berita Otomotif

Masa Depan VW di AS Terancam Tamat

DETROIT – Pasca skandal diesel yang dialami Volkswagen di Amerika Serikat, kini orang-orang mulai bertanya-tanya, apakah mereka mampu memperbaiki masalah yang menimpa pada produk-produknya di pasaran?

Skandal yang dinamakan ‘diesel gate’ tersebut terus bergulir tanpa adanya kejelasan. Jika seandainya pabrikan asal Jerman tersebut tidak mampu menyelesaikan masalah, maka opsi buy back menjadi pilihan terakhir. Jumlah VW diesel yang bermasalah di AS berjumlah 475 ribu unit. 

Sulit dibayangkan jika VW memutuskan untuk menarik seluruh unit TDI mereka di seluruh AS. Terlebih kendaraan yang bermasalah tersebut telah dijual selama bertahun-tahun. Segala upaya yang dilakukan VW justru menambah buruk keadaan.

Upaya penggantian sejumlah komponen telah disetujui di Eropa. Namun di negara Paman Sam, produk VW diesel bermesin 2.0L empat silinder dan V6 3.0L tetap dilarang untuk beredar. Salah seorang pejabat California Air Resources Board (CARB) mengatakan bahwa mobil tersebut tidak bisa diperbaiki.

Dengan pernyataan ini seperti opsi buy back akan segera bergulir di Amerika Serikat. VW sedikitnya harus menyiapkan $ 14.7 miliar atau sekitar Rp 198,5 triliun.

Hal ini megingatkan pada skandal yang dialami Nissan pada 1994 silam. Ketika itu, pabrikan mobil asal Jepang ini melakukan recall hingga empat kali namun tanpa hasil. Perusahaan tersebut akhirnya memutuskan untuk membeli lagi (buy back) 33 ribu kendaraan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support