Markas Hyundai Asia Pasifik Cabut dari Malaysia Pindah ke Indonesia

Berita Otomotif

Markas Hyundai Asia Pasifik Cabut dari Malaysia Pindah ke Indonesia

JAKARTA - Hyundai memindahkan kantor pusat Hyundai Asia Pasifik dari Malaysia ke Indonesia berikut dengan tempat pelatihannya.

Hyundai pastinya telah menjadikan Indonesia sebagai pasar penting di kawasan Asia-Pasifik atas pemindahan kantor pusat regional mereka ini. Untuk diketahui, Hyundai Asia Pasifik membawahi 32 negara dan telah beroperasi di Malaysia sejak 2015.

Menurut kabar yang beredar di Malaysia, perpindahan markas regional ini akan berlangsung secara bertahap sepanjang 2021. Diharapkan pada akhir tahun nanti, Hyundai Asia Pasifik sudah siap beroperasi penuh di Indonesia.

Tak hanya markas regional, Hyundai juga memindahkan Hyundai Training Academy ke Indonesia. Ini merupakan tempat pelatihan untuk penjualan dan layanan purna jual bagi 32 negera di bawah Hyundai Asia Pasifik.

Kabarnya Hyundai juga telah merumahkan atau melakukan PHK pada staf-staf mereka di Malaysia atas pemindahan ini. Dan beberapa yang tersisa akan bertahan hingga serah terima pemindahan ke Indonesia sudah rampung seluruhnya.

Proses bisnis Hyundai di Malaysia sendiri akan berjalan normal. Distributor lokal Hyundai Sime-Darby Motors (HSDM) akan beroperasi seperti biasa terntunya dalam melayani penjualan dan layanan purna jual.

markas hyundai asia pasifik pindah dari malaysia ke indonesia
Manuver Hyundai ini sendiri memperkuat apa yang telah mereka lakukan di Indonesia. Sepertik kita ketahui pabrikan otomotif terbesar Korea Selatan ini telah menanamkan investasi besar di Tanah Air.

Hyundai membangun pabrik seluas 77.6 hektare di Kota Delta Mas, Bekasi dengan mengucurkan dana sebesar Rp 22.76 triliun. Pabrik sendiri akan memiliki fasilitas produksi unit mobil dan juga dikabarkan akan membuat baterai mobil listrik.

Fasilitas ini akan menjadi pusat manufaktur pertama Hyundai yang berbasis di kawasan ASEAN. Dan Hyundai memiliki proyeksi bahwa pabrik mereka nantinya akan bisa memproduksi 150.000 unit serta bisa dimaksimalkan menjadi 250.000 unit mobil per tahun.

“Pasar Indonesia sangat besar. Inilah kenapa Hyundai investasi juga di sini. Masa depan otomotif Indonesia itu besar sekali karena jumlah penduduk kita sangat besar,” tukas Makmur, Managing Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar