Mitsubishi Jepang Jadikan Indonesia Salah Satu Fokus Utama

Berita Otomotif

Mitsubishi Jepang Jadikan Indonesia Salah Satu Fokus Utama

JAKARTA – Mitsubishi Jepang menganggap region Asia Tenggara (ASEAN) sebagai pasar terpenting, termasuk di dalamnya Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 27 Juli 2020 kemarin, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan rencana bisnis tiga tahun ke depan yaitu hingga tahun fiskal 2022 (Maret 2023). Tapi, poin paling menarik malah penjelasan bahwa di tahun fiskal 2023 (antara April 2023 – Maret 2024) mereka akan merilis Xpander hybrid.

Belum terungkap mengenai waktu detail peluncuran maupun negara mana yang akan mendapatkannya paling pertama. Satu-satunya bocoran yang berhasil didapat Mobil123.com dari mereka adalah mengenai pengembangannya.

Lebih lanjut, di dalam pengumuman pada awal pekan itu, pabrikan otomotif berlogo tiga berlian tersebut juga menjelaskan bahwa fokus terbesar mereka sampai Maret 2023 ialah ASEAN. Mitsubishi Jepang bakal memusatkan sumber daya manajemennya di wilayah tersebut dan meningkatkan pangsa pasar di ASEAN menjadi lebih dari 11 persen.

Agen pemegang merek Mitsubishi di Nusantara yaitu PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), melalui keterangan resmi, menegaskan lagi bahwa Indonesia termasuk dalam fokus utama Mitsubishi global. Ini mereka anggap sebagai peluang mengembangkan bisnis di pasar otomotif Tanah Air.

“Mitsubishi Motors melihat potensi pasar yang terdapat di wilayah ASEAN, termasuk di Indonesia. Ini menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi MMKSI sebagai distributor di Indonesia untuk bertumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC,” ucap Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI dalam pernyataan tertulis baru-baru ini.

MMKSI, menurut dia, sebelum itu telah memperkenalkan produk-produk unggulan Mitsubishi Motors di Indonesia dengan penerimaan pasar yang cukup baik. Tentu saja salah satunya adalah Xpander di segmen low multi purpose vehicle (LMPV)/small MPV pada 2017.

“Small MPV Xpander yang diperkenalkan 3 tahun lalu dengan segala keunikannya telah menjadi game changer segmennya. Dan juga, produk Medium SUV kami, Pajero Sport, diperkenalkan sejak tahun 2009 dengan pangsa pasar rata-rata lebih dari 40%. Keduanya kebanggaan Indonesia, dibuat secara lokal untuk pasar domestik dan global di pabrik MMKI kami di Indonesia yang akan terus menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi untuk memenuhi permintaan terutama bagi pelanggan Indonesia,” pungkas Nakamura. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar