Truk Mahindra Didesain oleh Pininfarina

Berita Otomotif

Truk Mahindra Didesain oleh Pininfarina

MUMBAI – Pininfarina, rumah desain yang pernah cukup lama bekerja sama dengan Ferrari, menjadi desainer truk terbaru dari pabrikan India Mahindra.

Pininfarina pada awal pekan ini dikabarkan berkolaborasi dengan Mahindra untuk mendesain produk-produk truk bermerek Furio. Truk tersebut menandai masuknya Mahindra di segmen Intermediate Commercial Vehicle (ICV).

Perkenalan merek serta model-model Furio sudah dilakukan oleh Mahindra di Mumbai, India. Pengembangannya Furio telah diinisiasi sejak 2014 dengan melibatkan 500 karyawan Mahindra, 180 pemasok, plus lebih dari 1.000 pengetesan performa.

Pininfarina punya sejarah panjang dengan Ferrari karena mulai mendesain untuk pabrikan berlambang kuda jingrak ini sejak 1950-an dan terakhir mendesain F12berlinetta yang ‘dimatikan’ pada 2017. Pada 2015, Pininfarina resmi diakuisisi oleh Mahindra.

 

“Mahindra Furio adalah yang terbaru dari pencapaian Pininfarina di sektor transportasi. Selama lebih dari delapan dekade, kami telah berhasil ‘menghidupkan’ tak hanya mobil-mobil legendaris tapi juga kereta berkecepatan tinggi, truk, bus, yacht, pesawat, dan bahkan pesawat jet pribadi,” tandas Silvio Pietro, Chief Executive Officer (CEO) Pininfarina.

Furio kini punya empat model, disusul dua lagi pada Desember dan dua lainnya pada 2019. Pininfarina mendesain keseluruhan bagian eksterior maupun interiornya.

“Bersama dengan Mahindra, kami telah menciptakan terobosan inovasi di segmen ICV. Hasilnya adalah kendaraan yang mengintegrasikan gaya, fungsi, serta inovasi sebagai inti dari Pininfarina,” ucap Silvio lagi.

Produksi Furio nantinya dilakukan di pabrik Chakan, India. Salah satu yang disorot dari truk-truk mereka adalah mesin MDI Tech yang efisien serta ringan plus teknologi FuelSmart.

“Peluncuran lini produk Furio di segmen ICV adalah saat yang penting di bisnis truk dan bus kami karena dengan ini kami memasuki dunia baru sekaligus menjadi pemain yang lengkap di segmen kendaaan komersial. Dengan desain inspiratif Pininfarina, Furio bakal mengubah jalan cerita bagi kami dan mungkin bagi industri karena truk-truk baru kami adalah salah satu yang teraman, paling ergonomis, serta mempunyai kabin ternyaman. Ini akan membuat standar baru,” klaim Pawan Kumar Goenka, Managing Director Mahinda & Mahindra. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar