Manfaatkan Teknologi Informasi, Buat SIM akan Seperti Bermain Game

Berita Otomotif

Manfaatkan Teknologi Informasi, Buat SIM akan Seperti Bermain Game

JAKARTA – Membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) di masa depan akan hanya seperti bermain game.

Hal ini disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo disela-sela peluncuran E-TLE Nasional Tahap I pagi hari tadi. Dalam sambutannya, seluruh ujian nantinya bisa dilakukan secara online sehingga memberi kenyamanan kepada para pemohon SIM.

“Kami akan mengembangkan program layanan Kepolisian khususnya di lalu lintas dengan berbasis teknologi informasi. Rencananya kami akan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan perpanjangan SIM, pelayanan STNK dan SKCK,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Kepolisian juga akan membuat ujian pembuatan SIM menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Selain bisa melakukan ujian teori dari aplikasi, ujian praktek juga akan dibuat lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

SIM

“Untuk SIM, setelah lulus ujian teori dengan aplikasi, ujian prakteknya datang ke kantor terdekat. Nanti akan kami geser pelan-pelan dengan memanfaatkan Simulas. Sehingga, masyarakat tidak perlu datang ke kantor kepolisian, cukup mampir ke mal. Nanti di sana akan ada gerai, jadi seperti main game (ujiannya),” terangnya.

Bila lulus dari ujian praktik maka tanda kelulusan dapat dicetak dan SIM akan dikirim melalui delivery system. Selain itu, Kapolri juga berharap bahwa ke depannya SIM akan ada versi digital sehingga bisa disimpan di gawai (gadget) masih-masing.

Tentunya pengembangan ini masih membutuhkan waktu lama karena membutuhkan infrastruktur dan sistem yang memadai. Namun bila telah resmi berjalan maka dipastikan masyarakat akan merasakan lebih mudah karena tidak perlu lagi berkali-kali ke kantor Polisi hanya untuk melakukan ujian SIM.

Pengembangan yang dilakukan ini memang merupakan salah satu program yang hendak dikerjakan oleh Kapolri selama masa jabatannya. Dengan adanya sistem online ini maka diharapkan citra dari institusi Polri dapat lebih baik di mata masyarakat. Terlebih, pengembangan ini memang merupakan salah satu keinginan dari Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden memang mengharapkan kita semua, khususnya institusi Polri terus membangun sistem dalam hal penegakan hukum dan pelayanan terhadap masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi,” tambahnya. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar