Mampukah New Honda Jazz Dongkrak Pasar Hatchback ?

Berita Otomotif

Mampukah New Honda Jazz Dongkrak Pasar Hatchback ?

JAKARTA – New Honda Jazz tampil lebih segar diharapkan dapat menggairahkan pasar hatchback yang lesu sejak awal tahun.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar mobil di segmen hatchback menurun pada periode Januari – Juli 2017. Kendaraan jenis ini hanya terjual sebanyak 16.500 unit yang artinya terjadi penurunan sebesar 23,94 persen dibandingkan tahun lalu.

Di tengah lesunya segmen hatchback, PT Honda Prospect Motor (HPM) memoles tampilan salah satu produk andalannya yakni Jazz. New Honda Jazz diharapkan mampu mengembalikkan potensi pasar. Adapun hatchback Honda identik dengan anak muda yang ekspresif.

Artikel bersambung dibawah

Meskipun segmen hatchback mulai tidak dilirik oleh konsumen, namun Jazz tetap memimpin pasar dengan share sebesar 45 persen. Sementara pesaing terdekatnya yakni Toyota Yaris mengantungi share sebesar 42 persen.

“Iya memang ada penurunan pasar pada segmen ini. Jazz juga mengalami penurunan tapi tidak sebesar penurunan pasar. Ini membuat pangsa pasar Jazz tetap naik,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual, HPM di Jakarta.

Honda Jazz yang diluncurkan pertama kali pada 2004 telah terjual sebanyak 287.240 unit di Indonesia. Namun di semester pertama 2017, hatchback HPM ini mengalami penurunan penjualan sebanyak 20,29 persen. Model ini hanya terjual 7.806 unit dari sebelumnya mencapai 9.793 unit pada tahun lalu.

Hal ini juga dialami oleh Toyota Yaris yang mengalami penyusutan penjualan. Saingan terberat Jazz tersebut mengalami penurunan sebesar 23,66 persen di semester pertama 2017. Yaris mencatat penjualan sebanyak 6.892 unit dari sebelumnya 9.028 unit.

Melalui new Honda Jazz, HPM berharap model andalannya ini terjual mencapai 8.000 unit pada paruh kedua 2017. Pada akhir tahun, HPM berharap penjualan Jazz bisa menyentuh angka 17 ribu unit meskipun Jonfis memperkirakan semester kedua segmen hatchback juga mengalami penurunan.

“Pangsa pasar hatchback akan tetap turun pada semester kedua. Tapi tidak sebesar semester pertama karena ada pameran otomotif, model baru dan penjualan akhir tahun,” jelas Jonfis di sela-sela peluncuran new Honda Jazz. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual