Makin Gaul! Ini Pilihan Mobil Bekas Rp60 Jutaan yang Retro dan Gaya

Mobil Bekas

Makin Gaul! Ini Pilihan Mobil Bekas Rp60 Jutaan yang Retro dan Gaya

Mobil bekas Rp60 jutaan tak selalu butut. Di antara berbagai pilihan yang ada, terselip mobil – mobil retro yang tetap keren dan gaya untuk dibawa.

Apa yang ada di pikiran kita saat mendengar mobil bekas seharga puluhan juta rupiah? Mungkin, di antaranya adalah kata – kata berikut ini: tua, butut, jelek, banyak masalah, dan tak bergengsi.

Well, segala pemikiran di atas tak 100 persen salah. Umumnya, usia mobil dengan harga di kisaran itu memang sudah relatif tua.

Namun, perihal risiko membeli mobil seken dengan banyak masalah bisa diperkecil dengan seleksi dan pemeriksaan mobil yang teliti. Bahkan, kalau perlu membawa teknisi bengkel yang ahli dan tepercaya saat melihat unit.

Bagaimana dengan anggapan jelek plus tak bergengsi? Di antara sekian banyak pilihan, ternyata ada mobil – mobil yang masih terlihat bergengsi saat dipakai sekarang lho, jika melihat deretan iklan di Mobil123.com.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas

Pasar mobil baru maupun mobil bekas memiliki konsumennya masing – masing. Semuanya tergantung pada prefensi, kebutuhan, dan kondisi dari sang pencari kendaraan.

Keduanya tentu saja punya kelebihannya tersendiri. Karena itulah, sebelum melongok pilihan mobil bekas Rp60 jutaan yang menarik, ada baiknya mengulas dulu apa sisi positif yang didapat jika membeli kendaraan roda empat seken.

Berikut adalah beberapa kelebihan membeli mobil bekas, dibandingkan mobil baru:

  • Rentang Harga Sangat Luas, Modelnya Bervariasi

Rentang harga kendaraan yang ada di pasar mobil bekas sangat luas. Di Mobil123.com, misalnya, tersedia mobil seken mulai dari puluhan juta sampai dengan miliaran rupiah.

Di harga yang sama, pencari kendaraan juga bisa memilih dari beragam merek, model, tahun produksi, sampai segmen.

Ini berbeda dengan mobil baru. Semakin rendah harganya, tentu saja spesifikasi maupun fitur – fiturnya semakin terbatas.

Sebagai gambaran saja, berdasarkan penelusuran, mobil baru termurah saat ini adalah Daihatsu Ayla tipe D MT. Adapun harga dari hatchback di segmen low cost green car (LCGC) tersebut ketika berita ini dinaikkan, berdasarkan situs resmi dari merek tersebut, adalah Rp103,3 juta on the road Jakarta.

Dengan banderol yang sama, di pasar mobil bekas Anda sudah bisa melihat model – model lawas dari merek massal sampai dengan merek premium seperti BMW dan Mercedes-Benz.

  • Bisa Langsung Dikendarai

Saat membeli mobil baru, Anda jeda waktu tunggu yang harus Anda lalui. Pasalnya, Anda harus menjalani berbagai proses seperti pengecekan rekam jejak oleh leasing (kalau membeli secara kredit) dan pengurusan surat – surat plus pelat nomor kendaraan.

Mobil bekas, di sisi lain, bisa langsung dibawa pulang dan dipakai untuk beraktivitas sehari – hari setelah dibeli. Proses balik nama dan/atau mutasi kendaraan bisa dilakukan belakangan, di sela – sela waktu senggang.

  • Mendapatkan Model Terkini dengan Harga Lebih Terjangkau

Menurut keterangan dari berbagai sumber, model – model yang baru meluncur biasanya sudah ada di pasar mobil bekas dalam waktu 3 – 4 bulan. Pasalnya, ada saja mobil – mobil tarikan leasing karena isu kredit macet.

Di Mobil123.com pun ada kendaraan roda empat seken dari tahun produksi 2020 atau bahkan 2021. Ini bisa ditelusuri dengan gampang lewat fitur filter yang tersedia.

Fakta di atas bisa menjadi trik bagi yang ingin mendapatkan model versi termutakhir dengan banderol lebih terjangkau. Dengan demikian, si pencari mobil bekas bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa uangnya untuk investasi atau pun kebutuhan lainnya.

Pilihan Mobil Bekas Rp60 Jutaan yang Retro dan Gaul

Nah, sekarang waktunya kita melirik beberapa opsi mobil bekas Rp60 jutaan yang masih menarik dan bergaya jika pun Anda beli dan kendarai. Penyaringan model dalam daftar di bawah ini spesifik mengacu pada model – model retro (berusia di atas 20 tahun) yang masih cukup digandrungi di Indonesia.

Ini karena mobil tua juga punya basis penggemarnya sendiri, lho. Entah itu mobil – mobil retro, mobil – mobil vintage (berusia minimal 40 tahun), bahkan untuk mobil – mobil antik (berusia 100 tahun).

Ini dia sedikit contoh pilihan di Mobil123.com:

  1. Mitsubishi Eterna 1992

Mitsubishi Eterna 1992

Sedan – sedan Mitsubishi punya citra performa yang garang. Tampilannya pun keren.

Memang, sedan paling tersohor dari merek berlogo tiga berlian itu adalah Lancer, apalagi yang Lancer Evolution. Akan tetapi, sedan lain seperti Mitsubishi Eterna juga masih memiliki aura maskulin dan garang.

Menariknya, ada Eterna bekas 1992 varian 2.0 GTI MT seharga hanya Rp68 juta yang diiklankan di Mobil123.com. Unit memiliki warna bodi abu – abu dan sudah dipakai sekitar 100 ribu km, menurut dealer penjual yang berlokasi di Blok M Mall lantai Basement 2.

Dari foto – foto yang ditampilkan, terlihat bahwa bodi masih amat mulus. Pelat berkode ‘D’ dengan nomor genap. Tidak banyak rincian informasi yang ditulis pada kolom keterangan sehingga peminat harus menghubungi langsung dealer untuk bertanya.

  1. Mercedes Benz C-Class 1995

Mercedes-Benz C-Class 1995

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil bekas dari merek mewah dengan harga Rp60 jutaan, salah satu pilihannya adalah Mercedes-Benz C-Class bekas 1995. Variannya ialah C200 AT (W202) dengan warna bodi merah dan pelat nomor berkode ‘D’.

Dealer penjual yang berlokasi di Pulogadung, Jakarta memasang harga Rp64,5 juta. Nominal tersebut masih bisa pula dinegosiasikan.

Bodi diklaim mulus terawat. Interiornya disebut orisinil, rapi, bersih.

Transmisi otomatisnya dikatakan masih responsive. Mesin sehat dan kering tanpa malfungsi dengan kaki – kaki sunyi senyap, ban tebal, dan AC dingin.

“Buku servis dan buku manual lengkap. Kunci serep lengkap… Pajak bulan 9 tahun 2021. Overall no PR (pekerjaan rumah—Red). Tinggal gas,” papar dealer.

  1. Toyota Starlet 1997

Toyota Starlet 1997

Jika menginginkan mobil retro Rp60 jutaan yang berukuran kecil, Toyota Starlet bekas 1997 yang diiklankan di Mobil123.com pada 2 Juni 2021 bisa ditelisik. Harga yang dipasang oleh dealer di Rawangun, Jakarta bahkan hanya Rp59,5 juta dan itu pun masih bisa ‘digoyang’ lagi.

Menurut dealer, Starlet bekas 1997 dengan jarak tempuh sekitar 200 ribu km ini memiliki tampilan ‘Turbo Look’. Bodinya yang berwarna perak berada dalam kondisi mulus.

Pajak kendaraan bermotor (PKB) masih berlaku cukup panjang, yaitu sampai Mei 2022. Mesin diklaim dalam kondisi kering dan sehat, dengan transmisi manual yang disebut ‘joss’.

Kaki – kaki senyap dan karet – karet rapi. Interior disebut masih orisinil.

“Baru restorasi bodi dan kaki – kaki. Siap – siap nostalgia 90-an,” tulis dealer mengenai Starlet bekas 1997 itu.

Tentu saja, tiga model dalam daftar di atas hanyalah sedikit dari amat banyak pilihan mobil retro Rp60 jutaan di Mobil123.com. Jika masih penasaran, Anda dapat mengunjungi langsung situs jual – beli mobil baru dan bekas ini.

Selamat berburu mobil bekas retro keren dan murah, Mobilovers! [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar