Lokasi SIM Keliling di Jakarta dan Tangerang

Berita Otomotif

Lokasi SIM Keliling di Jakarta dan Tangerang

Lokasi SIM Keliling – SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah syarat mutlak bagi siapapun yang ingin bepergian menggunakan kendaraan bermotor. SIM sendiri dibedakan beberapa jenis sesuai dengan jenis kendaraan seperti sepeda motor, mobil, kendaraan niaga ringan hingga berat.

Dengan memiliki SIM, seorang pengendara diharapkan bisa lebih bertanggung jawab di jalanan. Kartu tersebut juga bisa dijadikan identitas dari seorang warga negara selain KTP (Kartu Tanda Penduduk) tentunya.

Masa berlaku SIM sendiri selama lima tahun, setelah itu pemiliknya harus memperpanjangnya kembali. Untuk urusan memperpanjang masa berlaku SIM, pihak Kepolisian Republik Indonesia memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Mereka melakukan upaya jemput bola dengan mendirikan layanan SIM keliling di beberapa kawasan di Tanah Air. Dengan ini diharapkan masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh ke Satpas SIM untuk melakukan perpanjangan masa berlaku.

Lokasi SIM keliling sendiri tersebar di beberapa kawasan masing-masing kota. Di Jakarta sendiri terdapat beberapa lokasi SIM keliling seperti Jakarta Pusat, Timur, Barat, Selatan hingga Utara. Sama halnya di berbagai kota lain yang menerapkan hal serupa.

SIM keliling dihadirkan untuk masyarakat yang melakukan perpanjangan saja. Hal ini karena tidak adanya fasilitas pengetesan kendaraan sebagai salah satu syarat kelulusan.
SIM Keliling

Biasanya lokasi SIM keliling hanya tersedia 1 unit truk kecil dan hanya dipergunakan untuk melakukan pencetakan kartu juga foto. Adapun lokasi SIM keliling kerap berubah-ubah, sehingga masyarakat perlu mencari informasi lokasinya sebelum berangkat dari rumah.

SIM keliling sangat cocok untuk masyarakat yang tidak memiliki waktu luang seharian. Selain lokasinya bisa saja dekat dengan rumah, selain itu jumlah antrian tidak sepanjang dan sebanyak di Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM).

Meskipun antiannya tidak sepanjang Satpas, namun masyarakat yang hendak melakukan perpanjangan masa berlaku SIM diharapkan datang sedari pagi hari. Hal ini guna mencegah adanya antrian ataupun cuaca yang panas. Karena pada umumnya SIM keliling menempati ruang terbuka alias outdoor.

Syarat melakukan perpanjangan SIM

Karena hanya melayani perpanjangan, masyarakat diharapkan tetap memboyong dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, berpakaian yang rapi dan sopan diperlukan agar tidak ditegur oleh petugas. Selain itu karena adanya aktivitas foto, busana yang sopan dan rapi akan mendukung penampilan.

Adapun dokumen yang harus dibawa meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan fotokopinya sebanyak dua lembar. Selain itu, bawalah SIM lama Anda dan fotokopinya sebanyak dua lembar pula.

Anda juga wajib membawa surat keterangan kesehatan dari dokter rujukan Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan). Pada umumnya di lokasi SIM keliling terdapat ruang pengetesan kesehatan. Bagi Warga Negara Asing (WNA), wajib menyertai dokumen keimigrasian.

Ketentuan khusus perpanjangan SIM

  • Perpanjangan SIM pada unit lokasi SIM keliling terbatas hanya untuk jenis SIM A dan C. Sementara perpanjangan SIM kendaraan lain seperti B dan lainnya tetap di kantor Satpas. Sekadar informasi, SIM A diperuntukan bagi kendaraan roda empat atau mobil, sedangkan SIM C untuk kendaraan roda dua atau motor.
  • Perpanjangan di mobil SIM keliling bisa dilakukan sebelum masa berlaku SIM-nya habis, hingga masa tenggang yang mencapai 14 hari.
  • Bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis maksimal tiga bulan terhitung dari masa berlakunya, maka diharuskan menyambangi Satpas.

Lokasi dan Jadwal Operasional SIM Keliling

Lokasi SIM Keliling

Jakarta

Seperti dilansir dari laman resmi Korlantas Polri, lokasi SIM keliling di Jakarta ditentukan di wilayah-wilayah ini. Namun pastikan Anda sudah membawa seluruh persyaratan yang telah disebutkan di atas.

  • Mal Bella Terra Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Kantor Pos Lapangan Banteng, Jakarta Pusat
  • Mal Grand Cakung, Jakarta Timur
  • LTC Glodok, Jakarta Barat
  • Kampus Trilogi Kalibata dan Jalan M Saidi Raya Petukangan, Jakarta Selatan

Jam operasional dari SIM keliling di Jakarta sendiri mulai pukul 08.00 WIB hingga 02.00 WIB. Namun berdasarkan pengalaman penulis, Anda harus datang di bawah jam 07.00 WIB jika ingin mendapatkan antrian terdepan.

Tangerang

Untuk masyarakat yang berdomisili di Tangerang dan sekitarnya bisa menyambangi WTC Serpong. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Tangerang Selatan

Masyarakat Tangerang Selatan yang ingin melakukan perpanjangan SIM bisa menyambangi beberapa lokasi di bawah ini.

Bintaro Plaza (08.00 – 17.00 WIB)

Pamulang Square (08.00 – 16.00 WIB)

ITC BSD (08.00 – 11.00)

Biaya perpanjangan SIM

Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp 80 ribu dan perpanjangan SIM C Rp 75 ribu. Kedua biaya tersebut belum termasuk biaya kesehatan sebesar Rp 25 ribu dan Asuransi Rp 30 ribu.

Adapula biaya tambahan yang ingin fisik SIM milik Anda lebih tahan lama dengan cara di laminating. Biaya laminating SIM sebesar Rp 10 ribu dan biasanya ini dilakukan oleh pihak di luar Kepolisian.
SIM keliling Tangsel

Anda juga bisa melakukan perpanjangan SIM dengan waktu lebih singkat dengan cara online. Online yang dimaksud di sini adalah proses pendataannya. Sementara untuk foto dan lainnya tetap dilakukan di lokasi SIM keliling.

Proses Perpanjangan SIM

  • Datangi lokasi SIM keliling terdekat dengan membawa seluruh berkas pendaftaran seperti KTP, SIM dan Fotokopi seperti dijelaskan di atas.
  • Serahkan seluruh dokumen tersebut ke petugas dan mengisi daftar antrian.
  • Mengambil formulir yang berisi identitas pemohon lalu menyerahkannya kembali
  • Menunggu giliran untuk melakukan pengecekan kesehatan. Di masa pandemi seperti saat ini, termasuk pengecekan suhu tubuh
  • Melakukan tes mata dengan melihat dua angka di atas kertas
  • Menyerahkan formulir ke petugas ke dalam kendaraan SIM keliling
  • Menunggu saatnya di foto untuk SIM baru
  • Biasanya antrian akan dipisah menjadi 10 orang sesuai dengan kapasitas kendaraan.
  • Verifikasi ulang saat nama Anda dipanggil dan melakukan tanda tangan, sidik jari dan mengisi data kembali
  • Melakukan pembayaran di dalam kendaraan dan menunggu kembali untuk mengambil SIM baru

Perpanjangan SIM online

  • Kunjungi situs resmi Korlantas Polri lalu pilih menu pendaftaran.
  • Pilih opsi perpanjangan SIM dan golongan SIM yang ingin diperpanjang di kolom data permohonan.
  • Lengkapi data permohonan SIM baru, Polda dan Satpas kedatangan, serta data pribadi.
  • Isi data keadaan darurat dengan data diri orang terdekat yang bisa dihubungi kapan saja.
  • Di bagian konfirmasi data input, pastikan semua informasi sudah terisi lalu input kode verifikasi. Bukti registrasi akan dikirimkan ke email Anda.
  • Lakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM online di ATM, EDC, atau teller di seluruh lokasi BRI.
  • Datangi mobil SIM keliling yang sudah dipilih saat pendaftaran dengan membawa semua berkas persyaratan perpanjangan SIM, bukti registrasi, dan bukti pendaftaran.
  • Setelah semua data diverifikasi, baru mulai difoto untuk SIM baru, tanda tangan, dan perekaman sidik jari.
  • Terakhir, tinggal menunggu namanya dipanggil oleh petugas untuk mengambil SIM baru. [Dew]


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar