Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Logo Esemka Berubah, Kini Mirip Logo Merek China Hozon Auto

Berita Otomotif

Logo Esemka Berubah, Kini Mirip Logo Merek China Hozon Auto

JAKARTA – Logo Esemka terpantau berubah. Ada kemiripan antara logo yang sekarang dengan logo merek mobil China Hozon Auto.

Logo baru Esemka itu diunggah di akun Instagram @iims_id pada awal bulan ini, sambil diperkenalkan sebagai salah satu eksibitor Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Pabrikan mobil asal Solo, Jawa Tengah yang gerak-geriknya kerap timbul dan tenggelam itu memang dipastikan ikut serta dalam pameran otomotif yang berlangsung pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta tersebut.

Menariknya, logo Esemka yang terpampang sudah berbeda. Sekarang, bentuknya adalah garis-garis yang membentuk huruf ‘M’ di dalam kotak segi empat berwarna hitam.

Lalu, di bawahnya terdapat tulisan ‘Esemka’.

Logo Esemka lama

Dahulu, lambang mereka bergambar tiga garis merah di lingkaran elips berwarna biru. Di luar lingkaran, terpatri tulisan ‘Esemka’.

Uniknya, logo baru Esemka memiliki kesamaan dengan logo merek mobil China Hozon Auto. Ini bisa terlihat dari lekuk-lekuk garis bagian tengah logo Esemka dan Hozon Auto yang tampak identik.

Esemka sendiri sudah lama menghilang. Pergerakan terakhir mereka adalah ketika meresmikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah pada 2019.

Merek yang pertama kali dipopulerkan saat Presiden Joko Widodo ketika masih menjabat sebagai Walikota Solo ini kerap dituduh sebagian masyarakat sebagai alat politik semata, khususnya ketika menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

logo Hozon Auto

Tuduhan Esemka sebagai alat politik bisa dibaca dari komentar sebagian warganet di unggahan mengenai logo baru Esemka.

“Tanda-tanda Pemilu sudah dekat,” tulis akun @fitriyadi.adi.

Selama IIMS 2023, Esemka menempati Hall A. Mereka diisukan bakal menghadirkan mobil listrik yang konon merupakan produk Hozon Auto.

Sayangnya, Esemka belum mau menanggapi segala pertanyaan terkait sepak-terjang mereka di IIMS 2023.

“Pertanyaan-pertanyaan lain nanti akan kami jawab bersama media lain saat pameran,” tukas Hubungan Masyarakat PT. Solo Manufaktur Kreasi Sabar Budhi kepada Mobil123.com beberapa waktu lalu.

Secara total, ada 21 merek mobil penumpang yang siap berpartisipasi dalam IIMS 2023.

Esemka adalah satu dari dua merek mobil lokal. Selain mereka, ada pula Fin Komodo.

Daftar lengkap merek mobil yang siap berpartisipasi dalam IIMS 2023 adalah Audi, BMW, Citroen, Chery, Daihatsu, DFSK, Esemka, Fin Komodo, Honda, Hyundai, Jeep, Kia, MG, Mitsubishi, Nissan, Prestige Motor Cars, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, Volkswagen (VW). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang