Libur Panjang Akhir Oktober, Siap-siap Hadapi One Way Jika ke Lembang

Berita Otomotif

Libur Panjang Akhir Oktober, Siap-siap Hadapi One Way Jika ke Lembang

JAKARTA – Kepolisian bersiap menerapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way (satu arah) di kawasan wisata Lembang, Bandung, Jawa Barat pada masa libur panjang akhir Oktober 2020.

Seperti diketahui, masyarakat akan menjalani liburan panjang selama lima hari pada 28 Oktober – 1 November 2020. Ini terjadi berkat kebijakan pemerintah yang memberikan cuti bersama sebelum dan sesudah Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis (29/10/2020).

Puncak arus mudik libur panjang diperkirakan terjadi pada 28 November, sedangkan puncak arus baliknya diyakini terjadi pada 1 November. Sudah diperkirakan pula, berapa banyak arus lalu lintas ke luar Jakarta serta ke mana tujuan mereka.


Aparat keamanan juga sudah bersiaga mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di berbagai lokasi tujuan wisata. Salah satunya adalah di kawasan wisata Lembang.

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Cimahi, seperti dilaporkan situs NTMC Polri, memperkirakan bahwa para wisatawan baru mulai masuk ke kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang yaitu Rabu (28/10/2020). Daerah asal para wisatawan tersebut diprediksi adalah Jakarta, Karawang, Bekasi, dan lain - lain.

Aparat keamanan setempat telah bersiap menerapkan sistem one way di sana, jika terjadi penumpukan kendaraan milik para wisatawan. Waktu penerapannya sangat bergantung dari kondisi saat itu.

“Kalau ada penumpukan biasanya langsung kita lakukan penarikan kendaraan ke atas atau sebaliknya, tergantung pada kondisi di lapangan,” kata Inspektur Polisi Satu (Iptu) Heriduansyah selaku KBO Satlantas Polres Cimahi.


Personel Satlantas Polres Cimahi sendiri sudah mulai memasang water serta rubber cone pada awal pekan ini untuk kanalisasi arus lalu lintas di beberapa simpul kemacetan. Seperti misalnya di depan obyek wisata Farm House dan di Simpang Beatrix.

Iptu Erin menjelaskan bahwa pihaknya bakal menerjunkan 80 personel demi mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan di kawasan wisata Lembang. Mereka nantinya disebar di berbagai titik, termasuk di pintu masuk obyek wisata.

“80 personel yang akan difokuskan di Lembang, nanti akan disebar termasuk di kawasan objek wisata. Tapi ada juga personel yang ditempatkan di Cimahi dan Padalarang,” katanya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar