Liberty Media Belum Tentu Miliki F1

Berita Otomotif

Liberty Media Belum Tentu Miliki F1

MONZA – Spekulasi penjualan saham Formula One ke Liberty Media Corporation (LMC), masih belum terealisasi dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan LMC mendapatkan pesaing dalam mengakuisisi kepemilikan F1.

Kabar tersebut menyeruak menjelang balapan F1 di Monza, Italia akhir pekan kemarin. Dikabarkan bahwa CVC Capital Partners siap melepas kepemilikan saham mereka pada LMC pada hari Selasa kemarin (06/08). Diketahui bahwa CVC memiliki saham F1 sebesar 35 persen dan merupakan yang terbesar.

Liberty media sendiri dimiliki oleh multi miliader John Malone. Ia juga mempunyai tim baseball Atlanta Braves dan pemilik tanah terbesar di Amerika Serikat.

Selain berpeluang menjual kepemilikan saham kepada Liberty, CVC juga dikabarkan tengah bernegosiasi dengan RSE Ventures. Perusahaan yang digawangi oleh pengusaha Stephen Ross ini bergerak di bidang Investasi. Mereka bekerjasama dengan konsorsium Qatar dan sebuah perusahaan ekuitas lain.

Harga yang ditetapkan CVC, untuk melepas kepemilikan saham mereka adalah $ 8,4 miliar atau sekitar Rp 109 triliun. Nilai tersebut meningkat $ 2 miliar jika dibandingkan pembelian CVC pada 2006.

Dari sekian banyak pemberitaan atas spekulasi penjualan saham CVC, kabar terbaru inilah yang dianggap paling dekat dengan keluarnya perusahaan tersebut dari ajang F1.

Kabar terbaru bahwa CVC akan menerima uang muka sebesar $ 5 miliar, untuk pembayaran tahap awal sebesar 20 persen saham. Hal ini termasuk opsi untuk pembelian saham tersisa pada masa mendatang.

Namun ini juga bukan merupakan akhir cerita dari perjalanan penjualan saham F1. Drama masih berlanjut, hal ini karena datangnya fakta baru dari pemegang saham F1 lainnya yang berbasis di Norwegia. Perusahaan tersebut juga berniat untuk menjual kepemilikan saham mereka.

Hingga saat ini, CVC berbagi saham dengan Bernie Eleccstone (5,3 persen), sedangkan keluarga dari Eleccstone sendiri memiliki saham sekitar 8,5 persen. Pemegang saham lainnya datang dari perusahaan investasi BlackRock dan perusahaan pendanaan Waddell & Reed. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual