Lexus Bermasalah, Pengadilan Perintahkan Ganti Rugi Rp 3,5 T

Berita Otomotif

Lexus Bermasalah, Pengadilan Perintahkan Ganti Rugi Rp 3,5 T

TEXAS – Kecacatan produksi kursi depan Lexus ES300 pada 2002 menyebabkan cedera serius pada penumpang membuat pengadilan di Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS) memerintahkan Toyota membayar ganti rugi 242 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,5 triliun kepada keluarga korban yang telah menunggu selama 16 tahun .

Pengadilan Dallas, seperti diwartakan Bloomberg baru-baru ini, menetapkan bahwa kecelakaan itu terjadi karena adanya kesalahan produksi dari Lexus ES300. Pihak berwenang juga melihat Lexus lalai menangani permasalah atau memberitahukan konsumen.

Adapun ganti rugi terdiri dari 144 juta dollar AS (Rp 2,2 triliun) sebagai hukuman atas kelalaian Toyota selaku perusahaan Induk Lexus dan 92 juta dollar AS (Rp 1,3 triliun) bagi biaya pengobatan, kerusakan fisik dan tergoncangnya mental dua anak korban kecelakaan.

Sebagai informasi, 16 tahun lalu, sebuah ES300 mengalami tumbukan kencang dari arah belakang. Dua anak di dalam kendaraan kemudian mengalami cedera berat sehingga harus menjalani perawatan medis serius. Tuntutan hukum pun dilancarkan oleh keluarga korban.

Frank Branson, pengacara keluarga korban, mengatakan nasib nahas dua anak itu terjadi akibat kecacatan struktural pada kursi depan. Ia menilai Toyota sebenarnya mengetahuinya.

“Perusahaan itu punya banyak waktu untuk memperbaiki kekurangan pada aspek keselamatan atau setidaknya memberikan peringatan ke konsumen. Anak-anak kita berhak mendapatkan yang lebih baik,” tegasnya.

Toyota, ketika dimintai tanggapan, menegaskan bahwa mereka menghormati keputusan pengadilan. Namun, mereka sedang mempertimbangkan langkah selanjutnya karena mengklaim cedera lebih disebabkan oleh tabrakan alih-alih kecacatan produksi.

“Kami menaruh respek pada keputusan para juri. Di sisi lain, kami percaya cedera tersebut disebabkan oleh faktor-faktor spesifik dari tabrakan hebat yang terjadi, bukan karena kecacatan desain atau perakitan Lexus ES300 tahun produksi 2002,” kata Eric Booth, Juru Bicara Toyota. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual