Mau Sparepart Avanza, Agya, Calya dan Rush Lebih Murah? Gunakan Milik Daihatsu

Berita Otomotif

Mau Sparepart Avanza, Agya, Calya dan Rush Lebih Murah? Gunakan Milik Daihatsu

JAKARTA – Sparepart Daihatsu ternyata memiliki kualitas yang sama dengan Toyota meski harga jualnya lebih murah.

Selama ini, Daihatsu dan Toyota memang melakukan kerjasama dalam pengembangan dan produksi produk. Beberapa produk kembar pun berhasil menguasai pasar otomotif Indonesia seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan yang terbaru adalah Calya-Sigra.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia misalnya, merupakan dua mobil yang menjadi penguasa segmen LMPV di Indonesia. Keduanya hadir di Indonesia sejak tahun 2004 dan telah menjadi legenda di masyarakat Indonesia.

Sementara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla telah dikenal sebagai salah satu mobil LCGC pertama di Indonesia. Keduanya menjadi salah satu pilihan utama untuk mereka yang ingin memiliki mobil pertama.

Selain pengembangan produk, kerjasama juga dilakukan dalam pengembangan suku cadang asli. Hal ini normal karena komponen masing-masing kendaraan memang tidak berbeda. Baik genuine parts Daihatsu dan Toyota diklaim telah melalui pengembangan dan pengujian sehingga kualitasnya tidak berbeda.

“Dalam proses pengujian, dilakukan bersama-sama. Jadi bukan siapa mengikuti siapa tapi bagaimana sebagai satu tim kami memastikan kualitas komponen kendaraan tersebut telah memenuhi standar kualitas Daihatsu maupun saundaranya,” ungkap Anjar Rosadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ia pun menyatakan bila menggunakan komponen Daihatsu pada mobil Toyota tidak akan berdampak negatif pada kendaraan. Namun, hal itu sebaiknya dilakukan bila masa garansi kendaraan tersebut sudah habis. Dengan demikian, pelanggan diharapkan bisa merasa lebih tenang selama memiliki kendaraan tersebut.

“Pada prinsipnya kami tidak melarang dan menyerahkan kepada pelanggan. Tapi perlu kami ingatkan bahwa penggunaan genuine parts mempengaruhi garansi kendaraan. Jadi bila kendaraan masih dalam masa garansi, saran kami tetap gunakan genuine kendaraan itu sendiri. Tapi setelah masa garansi habis dan pelanggan lebih nyaman dengan Daihatsu Genuine Parts, secara kualitas tidak ada perbedaan,” tegasnya.

Daihatsu sendiri menyediakan genuine parts di bengkel-bengkel resmi mereka. Dengan demikian, pelanggan bisa mendapatkan komponen kendaraan dengan mudah saat melakukan perawatan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar