Lebih Dekat dengan All-new Toyota Kijang Innova 2016

Mobil Baru

Lebih Dekat dengan All-new Toyota Kijang Innova 2016

JAKARTA – Akhirnya all-new Toyota Kijang Innova 2016 diluncurkan. Ini adalah generasi 6 Kijang dan merupakan generasi kedua Innova.

Menyandang gelar "all-new" tentu memberikan ekspektasi tinggi terhadap pengubahan-pengubahannya. PT Toyota Indonesia pun merombak habis-habisan mobil ini meski masih menggunakan ladder frame chassis (maklum saja karena Innova masih berbagi platform dengan kendaraan komersial Hilux dan SUV Fortuner). Pemilihan chassis non-monocoque dipercaya membuat mobil menjadi lebih tahan 'banting' di segala medan.

Bahkan untuk pengembangannya sendiri, Toyota mengklaim memerlukan waktu yang cukup lama yaitu selama 4 tahun. Lantas bagaimana wujudnya? Berikut ulasannya.

Eksterior


Saat all-new Toyota Kijang Innova keluar dari persembunyiannya, perubahan langsung terlihat. Ya, Toyota Kijang innova memang telah menggunakan desain baru tanpa menghilangkan fungsionalitas utamanya sebagai kendaraan keluarga.

Mengusung tema "Grand Tourer", all-new Toyota Kijang Innova 2016 tampil dengan lebih gagah ketimbang model sebelumnya. Grille depan berbentuk hexagonal dibuat besar dan dikawinkan dengan headlamp yang lebih meyipit. Praktis, kini tampilannya lebih sporty dan melebar.

Bergerak ke samping, tampilannya lebih aerodinamis berkat penggunaan garis-garis aerodinamika yang melintang dari depan hingga bekalang. Garis tersebut cukup terlihat jelas sehingga memberikan kesan berotot.

Belum selesai  di sana, pada bagian belakang, all-new Toyota Kijang Innova dibuat agar terlihat lebih gagah dengan penggunaan rear combination lamp berdesain sloped agar memberi kesan sangar pada yang melihatnya.

Semua tipe menggunakan roda berukuran 16" kecuali Q diesel 17".

Interior

toyota kijang innova interior

Sementara itu pada bagian interiornya, Toyota mengklaim mengedepankan kenyamanan, ruang lapang dan unsur kemewahan yang dapat dinikmati oleh pengemudi maupun para penumpangnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan digunakannya dashboard dengan desain baru. Tampilannya semakin mewah dengan aksen kayu sebagai hiasannya. Tak hanya di dashboard, penggunakan aksen kayu juga dihadirkan pada lingar kemudi.

Toyota Kijang Innova

Pada jok baris kedua tipe Q (tipe tertinggi), kemewahan ditunjukkan dengan digunakannya captain seat, ditambahkannya meja kecil di punggung jok-jok depan, serta pencahayaan LED atap.

Sementara itu pada jok baris ketiga, meski tidak terlihat istimewa, namun Toyota telah membuat jok baris ketiga agar lebih mudah dilipat ke samping. Dengan demikian, barang-barang bawaan yang banyak bisa masuk ke mobil ini.

Mesin

Toyota menancapkan mesin baru berbahan bakar bensin 1TR-FE 2.0-liter Dual VVT-i yang lebih irit dibandingkan mesin sebelumnya. Satu lagi diesel 2GD-FTV 2,4-liter VGT (Variable Nozzle Turbo).

Jantung mekanis Dual VVT-I menghantarkan tenaga 139 hp dan torsi maksimum 185Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-speed.

Sementara itu mesin GD menjadi pilihan yang menarik. Pasalnya mesin ini mampu memberikan tenaga 149 hp, untuk bertransmisi manual 5-speed torsinya 342 Nm dan bertransmisi 6-speed otomatis 360Nm.

Nah, semua tipe Innova yang ditunjang oleh transmisi otomatis 6-speed  memungkinkan pengemudinya 'bermain' seperti di mobil transmisi manual. Selain itu pengemudi dapat memilih Drive Mode (Normal Mode, Eco Mode, dan Power Mode).

Fitur
All-new Tiyota Kijang Innova 2016 dibekali dengan Tilt & Telesopic Steering. Untuk memudahkan pengendara, Toyota menyediakan voice command dan smart phone connectivity MiraCast. Sistem audio baru dilengkapi dengan layar besar 8” (Q &V) dengan menu lebih interaktif, termasuk menu Toyota Move. Layar ini mampu mampu menampilakan tampilan smartphone, voice command hingga berselancar di dunia maya.

Fitur-fitur Safety

Toyota Kijang Innova rear view
Sementara untuk fitur-fitur keselamatan, all-new Toyota Kijang Innova setara dengan mobil-mobil di atasnya, klaim Toyota. Selain dual SRS Airbag yang bisa ditemukan di seluruh varian, ada curtain shield aribags, side airbag dan knee airbag.

Fitur-fitur lainnya Hill Assist Control untuk menahan mobil agar tidak mudur ketika tanjakan, ABS dan EBD, dan Vehicle Stability Control yang berguna untuk meningkatkan kestabilan berkendara. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual