Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Lebih Dari 50 Persen Pengemudi Gaptek

Berita Otomotif

Lebih Dari 50 Persen Pengemudi Gaptek

LONDON - Idealnya, mobil baru yang penuh dengan fitur modern, gadget dan sebagainya akan membuat pengemudi lebih mudah untuk mengendalikan mobilnya sehingga perjalanan akan lebih aman.

Namun faktanya, lebih dari 50 persen pengemudi di Inggris tidak paham cara untuk menggunakan teknologi tersebul karena gagap teknologi alias gaptek. Mereka bahkan mengaku bahwa tekonologi tersebut sia-sia digunakan di kendaraan mereka.

Menariknya, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Jardine Motors Group terhadap 1.000 pemilik mobil baru dalam tiga tahun terakhir, menunjukkan bahwa teknologi justru seringkali dianggap sebagai beban. Teknologi memang menabah daya tarik mobil, namun sayangnya teknologi tersebut justru sering tidak digunakan oleh pengemudi.

Dari 1.000 responden, lebih dari 50 persen mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak paham cara menggunakan peringatan batas kecepatan, lane keep assist dan bahkan seat memory settings. Mereka juga mengaku kurang paham cara mengaktifkan cruise control, sports mode serta fitur parkir otomatis.

Studi yang sama juga menyebutkan bahwa 32 persen pengemudi tidak tahu cara mengoperasikan sistem navigasi di mobil mereka. Sementara itu 10 persen dari 1.000 responden mengaku tidak paham dengan fungsi dari sensor belakang, kursi penghangat dan climate control. Jumlah responden yang mengaku mengalami kesulitan dengan fitur hiburan pada kendaraan mereka pun tebilang cukup tinggi.

Dengan banyaknya fitur yang terbuang tersebut, tidak heran bila lebih dari setengah pengemudi bingung dengan banyak jumlah tombol di mobil mereka. Sementara 49 persen dari pengemudi mengaku bahwa mereka tidak akan menggunakan fitur-fitur yang ada pada mobil mereka.

Padahal, delapan dari 10 responden mengatakan bahwa salah satu alasan mereka membeli kendaraannya adalah karena banyaknya fitur dalam mobil tersebut. Bahkan, 76 persen di antaranya mengatakan akan membeli mobil baru lagi dengan fitur yang lebih banyak dari kebutuhannya.

“Teknologi sangat mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli mobil baru, meski mereka tidak terlalu yakin akan membantu mereka dalam mengemudi. Banyak dari pengemudi yang hanya tergoda dengan selling point sebuah kendaraan namun lupa untuk mencari tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan maksimal,” tutur Matt Wrigley of Jardine Motors Group. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang