Kemenhub Batalkan Semua Mudik Lebaran Gratis Karena Wabah Corona

Berita Otomotif

Kemenhub Batalkan Semua Mudik Lebaran Gratis Karena Wabah Corona

JAKARTA – Mudik Lebaran 2020 tampaknya akan sedikit berbeda karena wabah penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal ini terlihat dari kebijakan yang keluarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Dalam kebijakan tersebut disampaikan bahwa program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020 dihapuskan.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat virus corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari–29 Mei 2020.

“Saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan. Oleh karena itu saya harap masyarakat dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah. Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisasi mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” ungkap Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Ia mengatakan, untuk di Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan dihapuskan.

“Saat ini kita akan berganti fokus, saling bantu-membantu antara Pemerintah Pusat dan daerah untuk mengatasi penularan Covid-19. Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan berisiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ia pun berharap pada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan hingga situasi kondusif. Dengan demikian, titik penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan dan tidak semakin meluas ke daerah-daerah yang hingga kini masih belum terdampak.

Saat ini ada 22 Provinsi yang telah terpapar Covid-19. Dari 22 provinsi tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling banyak kasus postif Covid-19 dengan jumlah mencapai 353 orang, 23 di antaranya dinyatakan sembuh dan 29 orang meninggal dunia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support