Layanan GoRide dan GrabBike Menghilang dari Aplikasi saat PSBB Dimulai

Berita Otomotif

Layanan GoRide dan GrabBike Menghilang dari Aplikasi saat PSBB Dimulai

JAKARTA - Untuk sementara layanan GoRide dan GrabBike tidak bisa diakses dari aplikasi Gojek serta Grab.

Seperti kita ketahui bersama hari ini hingga 2 minggu ke depan (10 April - 24 April 2020) di DKI Jakarta diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dilakukan tentu untuk meminimalisir penyabaran virus Corona di Ibukota yang kini disebut telah menjadi episentrum pandemi.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta semalam (Kamis, 9 April 2020) telah mengumumkan berlakunya PSBB dengan landasan Pergub Nomor 33 tahun 2020 yang memiliki 28 pasal. Salah satu pasal sendiri menyebutkan aturan angkutan kendaraan dan yang terkena imbasnya para armada ojek.

Dalam aturan yang mengacu pada aturan Kementerian Kesehatan, Permenkes Nomor 9 tahun 2020 disebutkan sepedamotor tidak diperboleh kan untuk berboncengan. Artinya para armada ojek baik pangkalan maupun ojek online (ojol) hanya boleh melakukan pengiriman barang dan tidak diperbolehkan untuk mengantar penumpang.

Anies sendiri mengaku telah melobi pemerintah pusat untuk tetap memperbolehkan ojek untuk mengangkut penumpang. Namun lobinya tidak diterima.

“Kemarin sempat disampaikan bahwa ojek online akan kami fasilitasi untuk bisa antar orang dan barang. Kemarin, dalam pembicaraan dengan Kementerian Perhubungan, kami berpandangan untuk bisa diizinkan. Tapi karena belum ada perubahan dalam aturan Kementerian Kesehatan dan Peraturan Gubernur (mengenai PSBB) harus sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 maka kami mengatur ojek sesuai dengan pedoman itu,” papar Anies dalam konferensi pers yang disiarkan langsung akun Facebook Pemprov DKI Jakarta, Kamis (10/4/2020) malam.

Dengan demikian, ojol hanya bisa mengambil pesanan mengantar barang selama dua pekan ke depan. Mereka tidak dapat mengangkut penumpang jika tidak ingin ditindak oleh aparat keamanan yang nantinya berjaga.

Dengan berlakukan PSBB, pagi ini Anda sudah tidak bisa lagi mengakses layanan GoRide dan GrabBike. Mobil123.com yang berlokasi di DKI Jakarta melihat bahwa layanan GoRide dan GrabBike menghilang dari aplikasi.

Hal tersebut sepertinya berlaku di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Karena Mobil123.com sempat menghubungi armada ojol di Bekasi dan menyatakan hal yang sama.

"Sama di Bekasi juga hilang," katanya.

Langkah preventif ini tentunya dianggap tepat untuk mencegah oknum-oknum ojol dan penumpang yang tetap nekat menggunakan layanan GoRide serta GrabBike. 

Lalu bagaimana dengan di daerah Anda Mobilover? Apakah juga menghilang layanan GoRide dan GrabBike. Ayo berikan informasi Anda di kolom komentar. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar