Lawan Google, Baidu Kembangkan Teknologi Autopilot

Berita Otomotif

Lawan Google, Baidu Kembangkan Teknologi Autopilot

BEIJING - Raksasa teknologi Google diketahui tengah mengembangkan teknologi autopilot untuk mobil, tapi rival beratnya dari China, Baidu pun tak mau kalah. Baidu telah mulai menguji coba prototipe mobil otonom di jalan-jalan Beijing.

Namun, bila saat ini Google sudah memikirkan membuat sendiri mobil mereka, Baidu masih memilih menggunakan BMW 3 Series GT untuk uji coba ini. Di awal pengembangan, Google juga menggunakan mobil umum.

Pada BMW 3 Series GT, Baidu memasang kamera, sensor dan laser untuk menjalankan teknologi autopilot mereka. 

Sistem ini mampu mendeteksi pengendara lain, hambatan di jalan, dan pejalan kaki. Selama ujian awal, mobil ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam. Dengan teknologi autopilot ini, mobil bisa secara mendiri berjalan, merubah jalur atau bahkan bermanuver.

Peta yang digunakan oleh mobil ini menurut Baidu bersifat real time dan berbentuk 3D. Nammun belum semua jalanan China telah terpetakan. Mereka memprediksi sebagian besar jalan Cina akan bisa dipetakan dengan pemetaan canggih ini dalam waktu 5-10 tahun.

Karena itu, Baidu menjelaskan bahwa mengembangkan mobil self-driving di China lebih sulit daripada di tempat lain di dunia.

"Mobil yang sepenuhnya otonom di kondisi jalan campuran adalah hal yang menantang, dengan kompleksitas Beijing yang lebih tinggi, dengan kondisi jalan dan perilaku pengemudi tak terduga," kata Wang Jing, wakil presiden senior dari Baidu.

Tapi perusahaan ini berharap bisa membawa teknologi mobil self-driving ke pasar dalam waktu yang tidak terlalu lama, namun kerangka waktu yang lebih spesifik belum diberikan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support