Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips 4 Langkah Sederhana Sebelum Kredit Mobil

Panduan Pembeli

Tips 4 Langkah Sederhana Sebelum Kredit Mobil

JAKARTA – Membeli mobil secara kredit belakangan ini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Dengan membeli secara kredit maka mereka bisa membeli mobil lebih baik tanpa harus menghabiskan banyak uang di awal pembelian. Uang yang tersisa bisa diputar kembali untuk hal-hal produktif lainnya.

Lantas, apa saja yang harus diperhatian untuk membeli secara kredit? Berikut beberapa langkah sederhana yang harus Anda lakukan.

  1. Ketahui pilihan kredit. Bila ini adalah kali pertama untuk membeli mobil secara kredit, maka mungkin Anda tidak ada rekam jejak kredit. Dengan demikian maka Anda mungkin akan membayar sedikit lebih tinggi ketimbang harga terendah di dealer karena dianggap memiliki risiko besar.
    Selain itu, pastikan juga Anda meluangkan waktu cukup banyak untuk menentukan kredit. Anda juga bisa membandingkan tingkat bunga yang ditawarkan masing-masing perusahaan pembiayaan.
  2. Pastikan Anda mengambil kredit dengan tenor rendah. Semakin panjang tenor yang diambil memang membuat cicilan semakin ringan tapi bunga pun tidak sedikit. Sebaiknya cicilan tidak lebih dari 60 bulan. Tentunya, salah satu cara untuk menghindari cicilan yang terlalu besar adalah dengan membeli mobil dengan harga lebih murah.
  3. Ketahuilah budget Anda. Untuk mengetahui kesanggupan Anda, coba hitung keperluan pribadi sebulan lalu lihat harga total kendaraan. Dan bila Anda membeli mobil bekas agar lebih hemat, pastikan  siapkan budget tambahan dari harga mobil. Mobil bekas perlu perawatan dan tidak ada garansinya lagi.
  4. Bayar DP sedikitnya 20 persen. Ada banyak manfaat untuk membayar DP lebih besar. Mulai dari bunga yang menjadi lebih kecil, membuat cicilan kendaraan lebih ringan serta lebih memungkinkan pengajuan kredit diterima lebih besar karena resikonya kecil.

Selain memilih kredit yang tepat, sebaiknya Anda juga tetap selektif untuk memilih kendaraan. Salah pilih mobil bisa membuat Anda harus membayar kendaraan yang tidak butuhkan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang