Lampu Rem Bermasalah? Ikuti Tips Ini

Panduan Pembeli

Lampu Rem Bermasalah? Ikuti Tips Ini

JAKARTA - Lampu rem yang bermasalah atau mati bisa menimbulkan potensi bahaya di jalan karena tugas fitur ini adalah untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain ketika Anda sedang melakukan pengereman. Bila lampu rem mobil Anda bermasalah atau mati, cobalah langkah-langkah ini.

Masalah pada lampu rem biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti aliran listrik dan masalah pada bohlam. Ada beberapa langkah untuk memeriksa masalah apa yang terjadi pada lampu rem ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa bagian bohlam terlebih dahulu. Alasannya karena bohlam merupakan komponen aling mudah mengalami kerusakan.

Jika Anda menemukan bohlam mati, maka gantilah dengan bohlam baru dengan segera. Namun, perhatikan ukuran bohlam baru. Untuk mobil jenis MPV seperti Toyota Avanza, biasanya menggunakan ukuran bohlamp 12 volt.

Bila tidak ada masalah yang ditemukan pada bagian bohlam ini, maka langkah kedua Anda bisa memeriksa bagian switch remnya.

Letak switch rem sendiri berada pada bagian depan pedal rem, cara kerjanya adalah jika pedal diinjak maka lampu akan menyala. Sedangkan jika pedal rem dilepaskan, maka lampu rem akan mati.

Untuk pemeriksaan bagian ini, Anda bisa menggunakan cara dengan menghubungkan dua buah kabel yang terhubung dengan switch rem.

Lalu lepaskanlah dahulu kabelnya, kemudian hubungkan kedua buah kabel tersebut. Bila pada posisi dihubungkan lampu rem menyala berarti switch rem mengalami masalah atau kerusakan.

Bila langkah-langkah tadi sudah dilakukan dan lampu rem masih bermasalah atau mati, silakan bawa mobil ke bengkel. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual