Laki-laki Lebih Cepat Dapat SIM dari Perempuan

Berita Otomotif

Laki-laki Lebih Cepat Dapat SIM dari Perempuan

LONDON – Masih banyak pertanyaan apakah pengemudi laki-laki memang lebih pandai mengemudi dibandingkan perempuan atau justru sebaliknya.

Di Inggris, jumlah pengemudi laki-laki yang berhasil lulus ujian SIM dalam percobaan pertama mereka mencapai tiga kali lipat dibandingkan perempuan. Jika melihat angka tersebut maka boleh dikatakan bahwa pengemudi laki-laki memang lebih baik dibandingkan perempuan namun bila melihat dari angka kecelakaan, maka jawabannya akan sama sekalo berbeda.

Daily Mail memperlihatkan hasil studi Car Parts 4 Less yang melibatkan 1.500 pengemudi di Inggris. Hasilnya menunjukkan bahwa laki-laki lebih cepat belajar dibanding perempuan dan memiliki tingkat kelulusan yang lebih baik saat percobaan pertama baik tes praktek maupun tes teori.

Tercatat, 52 persen pengemudi laku-laki lulus tes praktek pada percobaan pertama mereka sementara perempuan hanya mencpai 39 persen. Hampir 64 persen laki-laki lulus ujian teori saat percobaan pertama sementara perempuan hanya 54 persen.

Laki-laki juga membutuhkan waktu lebih sedikit berkendara bersama instruktur mereka sebelum dapat mengemudi mobil. Mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 16-20 jam saja, jauh lebih cepat dibanding perempuan yang membutuhkan waktu hingga 41 jam.

Namun, laki-laki juga menjadi pelaku yang menyebabkan lebih banyak kecelakaan dibandingkan perempuan. Dari seluruh kecelakaaan di Inggris, laki-laki bertanggung jawab atas 74 persen di antaranya. Mereka juga bertanggung jawab atas 70 persen kecelakaan yang menyebabkan cedera serius.

Sayang dalam penelitian tersebut tidak disebutkan persentasi laki-laki dan perempuan yang diteliti. Meski demikian, bukan berarti perempuan atau laki-laki bisa mengemudi lebih baik dibandingkan satu sama lain. Penelitian ini justru memperlihatkan bahwa sehebat apapun Anda mengemudi, tetaplah harus berhati-hati. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar