KTM Siap Luncurkan Motor 500 CC

Berita Otomotif

KTM Siap Luncurkan Motor 500 CC

MATTIGHOFEN – KTM sudah sangat siap untuk meluncurkan produk-produk sepedamotor kelas menengah.

Produk hasil kerja sama dengan Bajaj dari India ini secara total terdiri dari lima jenis meliputi Adventure, dual sport, naked bike dan sportbike. Hal ini diketahui dari bocoran produk-produk setengah liter KTM di media massa. Namun sayang masih belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai proyek ini.

Seperti telah kami wartakan sebelumnya, KTM berupaya keras untuk bisa memasarkan produk-produknya di Asia Pasifik. Guna mencapai hal tersebut, KTM mengembangkan mesin kelas menengah dan salah satu cara paling efektif adalah menggandeng pabrikan lokal.

India sebagai salah satu negara dengan populasi sepedamotor terbanyak di dunia, mencatat motor 500 cc parallel twin sangat populer di sana. Tren motor setengah liter ini juga menjalar ke berbagai negara berkembang. Hal inilah yang kemudian dilihat KTM sebagai potensi untuk mengembangkan bisnisnya.

KTM selama ini memiliki produk-produk motor berkapasitas mesin 125, 200, 250 hingga 390 cc. Kapasitas mesin yang terakhir disebut dianggap tidak cukup mewakili kebutuhan konsumen, terutama yang ingin naik kelas satu step.

Lini motor besar KTM sendiri dimulai dari 690, 790, 890 hingga 1290 cc. Sehingga produk 500 cc dianggap penting untuk dikembangkan.

“Salah satu hal yang kita pelajari dalam situasi seperti ini (pandemi) adalah transisi model yang lebih kecil. Model motor lebih kecil ini telah mengambil pangsa pasar yang sangat besar di dunia bahkan di AS,” tutur Stefan Pierer, CEO KTM dan Husqvarna seperti dikutip Les Repaires des Motards.

Ia menyebutkan kondisi pandemi tidak menyurutkan niatnya untuk mengembangkan produk. Menurutnya kebutuhan konsumen patut untuk direalisasikan dengan segera jika ingin bersaing dengan kompetitor.

“Pelajaran yang kami petik dari covid adalah sesegera mungkin mempercepat proyek 500 cc. Segmen ini akan menjadi sangat penting terutama di pasar yang mengembangkan motor kelas A2 (standar kelas menengah di Eropa). Saya pikir desain mesin 500 cc sama dengan model 790 dan 890 cc kami. Hanya saja kapasitasnya 500 cc,” jelasnya kemudian.

KTM 500 cc sendiri akan diproduksi di pabrik Bajaj, Pune, India. R&D Bajaj saling bekerja sama dengan R&D KTM di sana. Ia juga menuturkan bahwa produk 500 cc akan dipasarkan pada 2022. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar