Korea Akan Larang BMW, Porsche, Infiniti dan Nissan Berjualan

Berita Otomotif

Korea Akan Larang BMW, Porsche, Infiniti dan Nissan Berjualan

SEOUL – Korea Selatan akan larang beberapa model dari Porsche, BMW, Infiniti dan Nissan untuk dijual di sana.

Pemerintahan Korea mencurigai adanya kecurangan yang dilakukan tiga pabrikan mobil tersebut di atas. Manupulasi dokumen ketiga manufaktur diduga telah berlangsung sejak Agustus silam. Hal ini tentunya membuat pemerintahan Korea gerah.

Disebutkan bahwa sekitra 10 model mobil yang terduga bermasalah. Ketiga pabrikan mobil ini memanipulasi data agar produknya bisa melenggang di jalan-jalan Korea. Tercatat bahwa Infiniti Q50, Nissan Qashqai, Porsche Macan S Diesel dan BMW X5 M sebagai bagian dari skandal.

“Kami memberikan perusahaan terkait hingga pertengahan bulan depan untuk mengklarifikasi. Setelah itu, pemerintah berencana untuk mencabut sertifikasi, kemudian melarang mereka berjualan hingga proses investigasi selesai,” sebut Hong Dong-kon, Ministry Director Korea.

Ketiga manufaktur (Porsche, BMW, Nissan dan Infiniti) harus membayar denda sebesar Rp 75 miliar jika terbukti bersalah. Denda tersebut dihitung berdasarkan 4.350 kendaraan yang bermasalah dan telah beredar di Korea.

Dari sisi manufaktur sendiri, mereka menyatakan telah memberikan dokumen yang sesuai. Mereka meyakini adanya kesalahan namun tidak memungkiri adanya permainan kotor dalam kasus ini.

Sebagian besar manufaktur tunduk akan wacana pemerintahan Korea. Mereka dengan sukarela menangguhkan penjualan produk-produknya yang terkait masalah dokumen. Mereka akan menunggu hasil investigasi terkait dokumen palsu ini.

Namun pihak BMW menanggapi dingin masalah ini. Mereka menyatakan akan tetap menjual X5 M hingga keluar putusan akhir yang membuktikan bersalah. Akankah hal ini bisa menjadi skandal besar seperti VW? Kita tunggu saja kelanjutannya. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual