Korban Kecelakaan Lalu Lintas Tak Punya SIM

Berita Otomotif

Korban Kecelakaan Lalu Lintas Tak Punya SIM

JAKARTA - Kecelakaan lalu lintas menjadi momok menakutkan. Pasalnya banyak korban lakalantas adalah usia produktif. Polda Metro Jaya mencatat, selama tahun 2013 angka kecelakaan di tingkat pelajar dan mahasiswa 6.498 kasus dengan jumlah korban meninggal sebanyak 95 orang.

Sementara itu luka berat 409 orang dan luka ringan 703 orang. Salah satu penyebabnya tingginya angka kecelakaan di tingkat pelajar adalah jumlah pengemudi yang tidak memiliki SIM.

Sementara dari data jumlah pemohon SIM A dan SIM C selama tahun 2013 tercatat sebanyak 725.686 orang. Dari jumlah tersebut, 180.109 orang merupakan pemohon dalam rentang usia 17 - 30 tahun. Angka ini menunjukkan kesadaran pengendara terhadap kepemilikian SIM meningkat seiring dengan bertambahnya populasi kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden No 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, memang sudah semestinya permasalahan keselamatan berlalu lintas menjadi tanggung jawab bersama para pemangku kepentingan. Michelin merupakan salah satu contoh pelaku di sektor otomotif yang sangat aktif berperan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat bahwa keselamatan adalah sebuah kebutuhan dalam berlalu lintas,” kata Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Bakharuddin Muhammad Syah di sela-sela acara Michelin Gelar Road Safety Campaign 2014 akhir pekan lalu.

Sebagai komitmen Polri untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya, Polri sangat peduli terhadap program Pendidikan Keselamatan di sekolah sejak usia dini, khusus untuk kalangan pelajar agar mendukung kesiapan berkendara yang aman di jalan raya. [Ikh/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support