Kopdar Pengicau Gelar Aksi Rebut Trotoar dari Pemotor

Berita Otomotif

Kopdar Pengicau Gelar Aksi Rebut Trotoar dari Pemotor

JAKARTA – Normalnya, jalur pedestrian atau trotoar diperuntukkan untuk para pejalan kaki. Namun berlakangan ini, trotoar justru sering kali beralih fungsi menjadi jalur untuk sepeda motor dan pedagang.

Kondisi ini membuat Komunitas Kopdar Pengicau (Kopcau) mengajak para pengguna jalan tidak menjarah trotoar. Penjarahan terhadap jalur untuk pedestrian itu mencerminkan perilaku arogan dan tidak menghargai sesama pengguna jalan. “Selain itu, bisa memicu terjadinya kecelakaan dan gesekan diantara para pengguna jalan,” tegas Iful, ketua Kopcau di sela aksi damai “Setop Jarah Trotoar”, di Jakarta.

Menurut dia, fakta memperlihatkan bahwa pejalan kaki merupakan salah satu pengguna jalan yang rentan menjadi korban kecelakaan. Di dunia, setiap jam sekitar 31 pedestrian tewas akibat kecelakaan di jalan. Sedangkan di Indonesia, nyaris setiap jam ada satu pedestrian yang meninggal dunia akibat kecelakaan. “Hal ini mencerminkan perlunya para pengguna jalan untuk sudi toleran dan berbagi ruas jalan,” ujar Edo Rusyanto, penasihat Kopcau.

Sementara itu, Humas Kopcau, Eko Nugroho menjelaskan, aksi simpatik yang digelar pihaknya untuk mengingatkan seluruh pengguna jalan. Ajakan selamat yang disuarakan komunitas tersebut mengusung beberapa pesan. “Salah satunya, Setop Jarah Trotoar,” tegas dia.

Kopcau menyadari bahwa ajakan berperilaku selamat tidak serta merta membuat seluruh pengguna jalan berubah dalam sekejap. Butuh waktu untuk mengubah mentalitas jalan pintas yang kerap melanggar aturan di jalan.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual