Kontribusi Penjualan Toyota Avanza dan Sienta Paling Tinggi

Berita Otomotif

Kontribusi Penjualan Toyota Avanza dan Sienta Paling Tinggi

SEMARANG - Segmen MPV tetap memberikan kontribusi tertinggi terhadap penjualan PT Toyota-Astra Motor di Indonesia karena kendaraan untuk keluarga ini memang menjadi salah satu segmen yang paling digemari.

Hal tersebut telah terbukti sejak 2004 dengan diluncurkannya Avanza yang mampu meningkatkan market share Toyota hingga 29,4 persen.

Sejak 2010 hingga September 2017, segmen MPV Toyota selalu stabil dengan market share mencapai 45,1 persen. Kontibusi tertinggi yaitu di segmen Low MPV yang dikuasai oleh Avanza dan Sienta (diluncurkan 2016).

Jika dibandingkan dengan model MPV lainnya, Avanza dan Sienta berkontribusi hingga 49,7 persen. Sedangkan MPV baru yakni Venturer dan Voxy belum bisa mengalahkan kontribusi kedua model low MPV tersebut.

“Selama 2 tahun terakhir, pasar otomotif itu naik-turun dan jika terjadi pertumbuhan tinggi harus dilihat terlebih dahulu. Kita masih melihat pasar tidak melemah melainkan stagnan, meski demikian kami tetap yakin kedua produk andalan di segmen low MPV ini tetap menjadi pilihan utama konsumen Indonesia,” tutur Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor.

MPV entry level yakni Toyota Calya memberikan kontribusi sebanyak 27,5 persen, Innova di segmen medium MPV berkontribusi 21,3 persen, Alphard dan Vellfire di segmen luxury MPV berkontribusi 1,3 persen dan NAV1 serta Voxy di segmen high MPV berkontribusi 0,2 persen.

Selain MPV, segmen LCGC yang pertama kali dikenalkan pada 2013 juga diklaim memberikan kontribusi tinggi bagi penjualan Toyota di Tanah Air. Menurut data dari  PT Toyota-Astra Motor, total 804.000 unit telah terjual hingga Oktober 2017.

“Di tahun depan, kami berharap dapat mencapai market share minimal 35 persen. Kami akan tetap menghadirkan beragam inovasi pada produk-produk kami di tahun depan. Tentunya inovasi tersebut akan memenuhi kebutuhan konsumen dan menggairahkan pasar otomotif Indonesia,” tambah Rouli.

Dalam proses pengembangan setiap produknya, PT TAM secara khusus melibatkan desainer Indonesia guna menghasilkan sebuah produk yang cocok untuk masyarakat Indonesia. [Amo/Ari]

Baca Juga: Toyota Rush TRD Sportivo Ultimate Lawas di Diskon Rp 33 Juta



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual