Konsumsi BBM Xenia Terbaru Berdasarkan Klaim Daihatsu & Hasil Riil di Jalanan

Berita Otomotif

Konsumsi BBM Xenia Terbaru Berdasarkan Klaim Daihatsu & Hasil Riil di Jalanan

SEMARANG – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Daihatsu Xenia setelah dibawa berjalan jauh tak seirit klaim sang pabrikan. Meski begitu, angka yang didapat tetap terbilang sangat hemat.

Seperti diketahui, Xenia generasi ketiga resmi mengaspal di Indonesia pada 11 November 2021. Harga on the road (OTR) Jakarta untuk 21 tipe yang tersedia saat ini dimulai dari Rp190 jutaan sampai Rp244 jutaan.

Daftar harga mobil Daihatsu terbaru

Daihatsu, di sela-sela media test drive pada 1-2 Desember 2021 dengan rute Kebumen-Semarang, lalu membeberkan data konsumsi BBM All New Xenia.

Berdasarkan tes internal dengan menggunakan metode NEDC (New European Driving Cycle), unit bermesin bensin 1.3-liter dan transmisi CVT menggapai hasil 29,9 km per liter untuk kecepatan konstan 60 km per jam dan 17,7 km per liter untuk kecepatan konstan 100 km per jam.

All New Xenia bermesin bensin 1.5-liter dan transmisi CVT, di sisi lain, mencatatkan hasil 29,3 km per liter di 60 km per jam serta 17,5 km per liter di 100 km per jam.

Executive Coordinator Technical Service Division PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mewanti-wanti hasil di kondisi sesungguhnya bisa berlainan. Semua secara umum tergantung pada tiga hal.

konsumsi BBM Daihatsu Xenia 2022

Pertama adalah kondisi lalu lintas, apakah macet atau lancar. Lalu, karakter atau kebiasaan cara mengemudi juga memengaruhi.

Faktor ketiga ialah kendaraan itu sendiri.

“Terkait mobil itu sendiri, apakah irit atau boros. Performanya seperti apa terkait konsumsi BBM-nya,” ujar dia.

Lantas, berapa yang didapat Mobil123.com setelah test drive Kebumen-Semarang?

Konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia Hasil Test Drive

All New Xenia yang dipinjamkan kepada Mobil123.com selama test drive Kebumen-Semarang adalah tipe 1.3 R CVT. Unit diisi empat orang plus tas punggung, banyak makanan kecil, dan beberapa kardus minuman.

Sebelum memulai perjalanan, indikator konsumsi BBM rata-rata di Multi Information Display (MID) tak lupa dinihilkan. Rutenya sendiri menempuh jalur utara sejauh lebih dari 200 km yang antara lain melewati Bandungan yang memiliki tanjakan-tanjakan curam hingga 14 derajat.

Mobil dikendarai bergantian tanpa metode eco driving sama sekali. Bahkan, Mobil123.com dan rekan-rekan harus mengebut dan kerap berganti ke mode manual di transmisi CVT-nya untuk mengejar mobil polisi yang mengawal.

konsumsi BBM Daihatsu Xenia 1.3 CVT 2022

Hasilnya, Mobil123.com mendapati angka 12 km per liter di MID setelah sampai di hotel di Semarang pada malam hari. Sayang, tidak ada kesempatan mengendarai All New Xenia 1.5 dalam jarak, rute, atau setidaknya waktu yang kurang-lebih sama sehingga konsumsi BBM untuk varian ini belum bisa dieksplorasi lebih jauh. [Xan/Ses]

Temukan harga dan spesifikasi All New Daihatsu Xenia di sini



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar