Konsumsi BBM Suzuki Ertiga A/T Bisa 25 Km/Liter, Ini Syarat dan Ketentuannya

Berita Otomotif

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga A/T Bisa 25 Km/Liter, Ini Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA - Hasil pengujian Mobil123.com menunjukkan konsumsi BBM Suzuki Ertiga generasi terbaru bertransmisi otomatis bisa lebih dari 25 km/liter. Angka itu diraih dalam kondisi menggunakan pendingin udara (air conditioner/AC).

Suzuki, pada Selasa (27/8/2019) kemarin, mengadakan Uji Keiritan Suzuki Ertiga generasi kedua dengan rute Cikarang, Bekasi menuju Cirebon, Jawa Barat dengan metode pengukuran full-to-full. Namun, agar makin mendekati kondisi pengemudian normal, kenop AC disegel pada kondisi menyala, dengan level kekencangan kipas di nomor dua.

Kenop AC baris kedua juga disegel dalam kondisi hidup. Kemudian, agar kecepatan tidak terlampau lambat, batas sampai titik pertama di ‘Kota Udang’ dibatasi maksimal 3 jam.

Mobil123.com berada di belakang setir kemudi All-New Ertiga GLX matik dari awal sampai akhir ditemani 3 rekan lainnya sebagai penumpang. Pada sekitar 60 km pertama, teknik eco driving coba Mobil123.com benar-benar terapkan, dengan tekanan pada pedal gas sangat pelan dan halus dengan rata-rata putaran mesin 1.500 rpm dan kecepatan rendah yaitu 40 - 50 km/jam.

Untungnya torsi mesin 1.5-liter dari model yang meluncur pada April 2018 ini memang amat memadai di kecepatan rendah. Kondisi stop and go di kemacetan ruas tol Cikampek tidak menggangu teknik yang diterapkan.

Tapi, setelah menempuh lebih dari 60 km, Mobil123.com sadar bahwa kecepatan memang harus ditambah jika ingin sampai di titik awal dalam waktu yang ditentukan. Sambil lebih menekan gas secara halus, perlahan dan stabil, laju mobil pun ditambah dengan rata-rata putaran mesin 2.000 rpm dan kecepatan yang rata-rata menyentuh 80 km/jam.

Ketika putaran mesin sudah lebih dari 2.000 rpm, mau tak mau tekanan pada pedal gas dikurangi sedikit. Dengan cara seperti itu, kadang, kecepatan bertambah hingga menyentuh 90 km/jam karena lalu lintas Tol Cikopo - Palimanan yang amat lengang.

Di Keraton Kasepuhan Cirebon, yang merupakan titik pertemuan kedua, Uji Keiritan berakhir. Dengan pengukuran yang disaksikan perwakilan dari tiap mobil, unit yang dikendarai Mobil123.com menunjukkan hanya butuh tambahan 7,12 liter sampai akhirnya bensin Pertamax menyentuh bibir tangki tanpa turun lagi.

Dengan jarak tempuh 178 km di Multi Information Display, berarti keiritannya menyentuh sekitar 25 km/liter. Intinya, Anda semua bisa juga melakukan berkendara irit BBM dengan ragam kendaraan, asal memegang teguh beberapa 'kunci' dalam berkendara. Seperti menjaga putaran mesin, bijak mengatur bukaan gas, melalukan perpindahan gear sesuai kondisi pengendaraan dan yang pasti selalu memperhatikan perawatan kendaraan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar