Kondisi Tol Cipali, Waspadai Beberapa Hal Berikut

Panduan Pembeli

Kondisi Tol Cipali, Waspadai Beberapa Hal Berikut

PALIMANAN – Libur akhirnya tiba, aktivitas mudik kembali dijalani sebagian besar masyarakat Indonesia.

Menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, ruas jalan tol Cikopo – Palimanan – Kanci kembali dipadati pemudik. Masyarakat yang hendak mengunjungi sanak saudaranya di kampung halaman, berbondong-bondong melewati ruas jalan bebas hambatan tersebut.

Diresmikan pada 2015, tol Cipali (Cikopo - Palimanan) ternyata belum sepenuhnya aman untuk digunakan. Masih banyak pedagang asongan dan pengemudi yang istirahat di bahu jalan.

Kami juga mendapati kondisi rest area yang selalu dipenuhi para pemudik, kemudian antrian mengular hingga menyebabkan keemacetan. Banyaknya pemudik setiap tahun membuka lahan usaha baru bagi warga sekitar.

Jarak antarrest area yang cukup jauh dan kondisi lalu lintas yang macet, membuat para pemudik kerap menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Selain dapat menimbulkan bahaya, kurangnya kesadaran masyarakat pengguna jalan tol juga menjadi masalah tersendiri.

Sampah sisa makanan dan minuman para pemudik tersebut berserakan pada bahu jalan. Ini tentunya memberikan pemandangan tidak mengenakkan pengguna jalan lainnya.

Jika Anda hendak melakukan perjalanan mudik dengan memilih rute tol Cipali, maka catat lokasi rest area yang tersedia. Tempat peristirahatan yang pertama terletak di KM 86. Adapun fasilitas yang tersedia di sini adalah tempat ibadah, restoran dan toilet saja.

Rest area selanjutnya berada di KM 102, dengan fasilitas SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), mushola, restoran dan toilet. Kemudian rest area KM 130 hanya dilengkapi dengan fasilitas toilet, mushola dan restoran saja.

Tempat peristirahatan terakhir pada tol Cipali adalah pada KM 166 dengan fasilitas lengkap yakni SPBU, mushola, restoran, dan toilet. [Dew/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support