Kontes Modifikasi Mobil Perdesaan Terima Lebih dari 100 Desain

Berita Otomotif

Kontes Modifikasi Mobil Perdesaan Terima Lebih dari 100 Desain

JAKARTA - Kompetisi modifikasi digital mobil perdesaan, yang disebut pula sebagai Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes), diklaim mendapatkan banyak animo.

Kompetisi modifikasi mobil penumpang mungkin sudah biasa. Kini, ada kontes modifikasi untuk mobil perdesaan yang utamanya difungsikan sebagai alat bantu usaha perdesaan dan bukan kendaraan alat angkut orang.

Kejuaraan ini bernama ‘AMMDes Digimodz’ dan terselenggarakan berkat kerja sama Kementerian Perindustrian, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), serta National Modificator and Aftermarket Association (NMAA). Pendaftaran telah dibuka sejak 9 Juli sampai 5 Agustus melalui situs resmi lomba.

“Kegiatan ‘AMMDes Digimodz’ bertujuan untuk mendapatkan masukan pengembangan desain AMMDes, meningkatkan awareness masyarakat terhadap AMMDes sebagai karya anak dan untuk menggairahkan industri modifikasi nasional,” kata Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian dalam konferensi pers pada Senin (5/8/2019) di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, AMMDes meluncur secara resmi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Produksi AMMDes dilakukan oleh KMWI, sedangkan penjualan merupakan tugas PT. Kreasi Mandiri Wintor Distribusi (KMWD) sebagai dua perusahaan yang turut dimiliki oleh PT. Astra Otoparts.

Kendaraan berharga dasar Rp 70 juta off-the-road ini sudah memiliki 10 varian untuk 10 aplikasi bisnis berbeda. Ada untuk produksi air bersih, untuk generator, pengupas kopi, perontok jagung, pompa irigasi, perontok padi, pemoles beras pengupas padi, pembuat ice flake dan feeder ambulance.

Lebih lanjut, kategori lomba ‘AMMDes Digimodz’ dibagi dua yaitu Pemenang Utama serta Favorit Sosial Media. Untuk kategori pertama, ada Piala dan sertifikat dari Kementerian Perindustrian ditambah uang Rp 10 juta sedangkan untuk kategori kedua ada sertifikat plus uang Rp 5 juta.

“Dapat kami laporkan bahwa antusiasme untuk kegiatan ini demikian besar. Sudah ada lebih dari 100 desain masuk dan ini melebihi ekspektasi kami,” aku Putu.

Andre Mulyadi, Founder NMAA, mengatakan bahwa kontes ini merupakan salah satu bentuk kontribusi dari dunia modifikasi Indonesia terhadap mobil perdesaan. Desain yang kelak dipilih sebagai pemenang tak hanya sekadar terlihat keren.

“Enggak cuma bagus-bagusan desain secara lifestyle, tapi bagaimana desain ini bisa berguna bagi masyarakat pedesaan,” ujar Andre.

Harjanto selaku Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian mengatakan modifikasi dari pemenang akan diwujudkan oleh NMAA. Hasilnya bakal dipamerkan dalam Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 pada 28 September 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar