Kolaborasi Toyota dan Mazda Segera Bangun Pabrik

Berita Otomotif

Kolaborasi Toyota dan Mazda Segera Bangun Pabrik

ALABAMA - Beberapa waktu lalu, Toyota dan Mazda mengumumkan kerjasama di antara mereka dan kini mulai melakukan pergerakan dan tahap awal akan membangun pabrik bersama.

Toyota dan Mazda sepakat untuk mulai membangun pabrik bersama di kawasan Alabama atau North Carolina. Kedua wilayah tersebut telah mengalahkan kandidat lokasi pembangunan pabrik lainnya seperti Tennessee, Texas dan South Carolina. Sayangnya Toyota dan Mazda menolak untuk menjawab terkait pembangunan pabrik tersebut.

Pabrik ini direncanakan mulai akan beroperasi tahun 2021 dan akan membangun sedikitnya 300.000 unit mobil per tahunnya. Pabrik ini akan membuka 4.000 lapangan pekerjaan baru. Toypta menyebut bahwa pabrik ini akan memproduksi Toyota Corolla sementara Mazda menyebut pabrik tersebut akan memproduksi SUV.

“Melalui aliansi, kami dapat memberi energy pada industri otomotif dan menciptakan lebih banyak mobil yang disukai masyarakat serta meningkatkan semangat kompetisi sehingga inovasi pun terus berkembang,” ungkap Mazda President and Chief Executive, Masamichi Kogai saat menandatangani kerjasama ini.

Sementara di Indonesia masyarakat tentu sudah terbiasa melihat kolaborasi Toyota dan Daihatsu. Untuk diketahui Toyota merupakan pemilik dari Daihatsu dan kemudian kerap menghadirkan mobil-mobil kembar seperti Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Rush-Terios dan yang terbaru adalah Calya-Sigra.

Mobil-mobil tersebut pun berhasil mendapat tempat sendiri di masyarakat Indonesia. Avanza-Xenia misalnya, berhasil menjadi MPV yang penjualannya termasuk tertinggi di Indonesia. Demikian pula Calya-Sigra yang menjadi pelopor LCGC tiga baris.

Rush-Terios sendiri pun dikabarkan akan hadir generasi barunya. Sayang hingga saat ini kedua APM tersebut masih enggan untuk menanggapi isu tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support