Kisaran Harga BMW E46 Bekas, Mobil Mewah tapi Semurah LCGC

Mobil Bekas

Kisaran Harga BMW E46 Bekas, Mobil Mewah tapi Semurah LCGC

Harga BMW E46 bekas umumnya murah banget, mulai puluhan juta rupiah sampai Rp100 jutaan lebih sedikit. Banderolnya sebanding dengan mobil-mobil di segmen low cost green car (LCGC), bahkan bisa lebih murah.

BMW E46 adalah kode yang diberikan oleh pabrikan asal Jerman tersebut untuk generasi keempat sedan Seri 3.

Kalau bicara mengenai mobil mewah retro populer khususnya dari keluarga Seri 3, bisa jadi BMW E46 bakal menjadi salah satu nama yang terucap.

Di berbagai review, BMW E46 disebut-sebut memiliki desain simpel, sporty, mewah, dan timeless alias tak lekang dimakan waktu.

BMW Seri 3 E46

Dengan harga relatif terjangkau di pasar mobil bekas, BMW E46 bisa dilirik sebagai opsi bagi konsumen yang menginginkan kendaraan dari merek mewah, dan berdesain gaul.

Sebelum mengulas kisaran harga BMW E46 bekas, mari telisik dulu beragam aspek mengenai mobil ini, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber.

Sejarah Singkat BMW E46

Seperti disinggung di atas, BMW E46 merupakan generasi keempat dari Seri 3. Pendahulunya, E36 telah diistirahatkan setelah melanglang buana sejak 1990.

BMW E46 sendiri dijual di pasar global selama nyaris satu dekade, mulai 1997 sampai 2006.

Di pasar Indonesia sendiri penjualan resmi baru dijalankan pada 1999, atau selang dua tahun setelah resmi diperkenalkan pertama kali secara global..

Desain eksterior BMW E46 memiliki sudut yang lebih melengkung dan mengalir halus. Ini berbeda dengan garis desain dari generasi kedua (E30) maupun generasi ketiga yang punya tampilan luar mengotak.

Selama siklus hidupnya, BMW E46 hadir dalam berbagai versi. Selain sedan, ada pula versi coupe, convertible (atap terbuka), wagon, sampai fastback/hatchback.

Tipenya juga beragam, mulai dari 318i, 323i, 325i, dan 330i. Perbedaan dari tipe-tipe ini terletak pada kapasitas mesin yang tentu saja memengaruhi performa dan karakteristik kendaraan serta pengemudinya.

Penyakit Mobil Bekas BMW E46

  • Mesin dan Transmisi Tipe 318i

Banyak artikel maupun forum komunitas otomotif menyebut bahwa mesin 318i punya ‘penyakit’ bawaan. Ini terjadi pada dapur pacu model 318i periode awal (M43B19TU) atau pun yang disematkan pada model facelift 2002 (N429B20).

Model periode awal, meski punya mesin terkenal ‘bandel’, dikeluhkan cukup ribet dalam hal perawatan.

Sistem penggerak dari 318i facelift punya reputasi mesin lebih jelek. Ring piston dikatakan cepat aus khususnya setelah dipakai berkendara di atas 80 ribu km, sebagai efek dari material mesin yang ringkih.

Tak hanya itu saja, dikeluhkan pula mengenai mudahnya oli mesin bocor dan bercampur dengan ruang bakar gara-gara seal klep gampang rusak terutama pada mesin N429B20. Ini bisa terpantau dari asap ‘ngebul’ berwarna putih yang keluar dari knalpot.

Transmisinya pun dilaporkan kerap ‘tidak patuh’. Mobil kadang tidak bergerak maju meski tuas transmisi sudah dipasang ke posisi ‘D’.

Demikian pula ketika tuas ditaruh di posisi ‘R’. Mobil kerap tidak berjalan mundur.

  • Radiator Expansion Tank

Selanjutnya, cermati betul komponen radiator expansion tank sebelum membeli BMW E46 bekas dari semua model dan versi. Kabarnya, sektor ini mudah retak khususnya setelah mobil menempuh lebih dari 100 ribu km.

Karena itu, para pengguna disarankan agar mengganti radiator expansion tank di bawah jarak tempuh tersebut. Sering-sering pula menengok dan melihat kondisinya secara rutin.

  • Kaki-kaki Ringkih

Jika mengemudikan BMW E46, sebaiknya Anda jangan terlalu agresif apalagi jika mengetahui bahwa jalur yang dilewati memiliki kondisi aspal yang buruk. Soalnya, kaki-kaki BMW E46 terkenal ringkih.

Material kaki-kaki yang terbuat dari alumunium membuatnya lebih cepat aus menghadapi jalanan berlubang dan tidak rata, khususnya pada sektor bushing arm.

Kisaran Harga BMW E46 Bekas

Mobil123.com sebagai situs jual-beli kendaraan tentu saja juga menyediakan iklan-iklan mobil BMW E46 bekas, baik yang berasal dari diler maupun penjual individu.

Peminat dari kendaraan ini bisa dengan mudah mencarinya lewat fitur filter.

Di fitur itu, silakan mengetik kata kunci (keyword) ‘bekas’ pada bagian kondisi mobil, ‘BMW’ pada bagian merek, serta ‘Seri 3’ pada bagian modelnya. Selanjutnya, ke bagian terbawah fitur filter untuk mengklik tulisan ‘lebih banyak pilihan’, kemudian mengetik ‘E46’ dan memencet tombol Enter.

Ketika artikel ini dibuat, terdapat lebih dari 40 iklan Seri 3 dengan keterangan E46 di deskripsinya. Unit dengan harga terendah adalah Rp75 juta saja dan tipenya 318i facelift rakitan 2002. Jarak pemakaiannya sekitar 145-150 ribu km.

Unit berada Sawangan, Depok dan diiklankan oleh penjual individu.

Adapun unit termahal berbanderol mengejutkan Rp625 juta. Tipenya 325i Wagon rakitan 2001 yang baru menempuh 91 ribu km.

BMW Seri 3 E46 Wagon yang Langka

BMW E46 wagon jarang terlihat di Indonesia. Hampir pasti, inilah alasan penjual berani memberikan label harga setinggi dan sementereng itu.

Diler penjualnya berada di Radio Dalam, Jakarta Selatan.

BMW E46 Pilihan Redaksi Mobil123.com

Untuk memudahkan Anda yang benar-benar sedang mencari BMW E46, Mobil123.com akan memilihkan beberapa di antaranya yang bisa langsung Anda dalami.

Unit-unit yang dipilih berasal dari tipe selain 318i dengan harga hanya Rp100 jutaan lebih sedikit, bukan yang puluhan juta rupiah.

  • BMW 330i 2000 Rp106 Juta

Menurut diler Infinit Auto Gallery di Serpong, mobil ini baru dipakai pada 2001 meski diproduksi pada 2000. Warna bodinya biru dongker dan jarak pemakaiannya tergolong rendah untuk mobil berumur 21 tahun, yakni 90 ribuan km.

Harga kredit Rp106 juta, sedangkan harga tunainya cuma terpaut sedikit yaitu Rp109 juta, itu pun masih bisa dinegosiasikan lagi.

“Nego tipis,” tulis diler dalam kolom keterangan.

Mesinnya berkapasitas 3.0 liter dengan transmisi otomatis.

Pemilik terdahulu memasangkan body kit dari MTech. Meski demikian, bemper orisinilnya masih tersedia.

“Mobil sangat bagus, terawat. Kondisi di atas rata-rata,” aku mereka mengenai unit dengan status pajak hidup sampai Oktober 2021 ini.

  • BMW 323i 2000 Rp113 Juta

Sedan bermesin bensin 2.5-liter dan bertransmisi otomatis ini, kata diler Europe Car Garage di Jakarta, baru dipakai sejauh 99 ribu km. Unit diproduksi pada 2000 dan berwarna bodi hitam.

Harganya Rp113 juta, tapi idak dijelaskan, berapa perbedaan harga antara pembelian kredit dengan pembelian tunai.

Pajak hidup, tapi tak dipaparkan sampai kapan. Satu yang pasti, diler penjualnya menyediakan garansi.

“Khusus mobil ini, garansi tiga bulan,” tegas diler di kolom keterangan.

  • BMW 325i 2004 Rp125 juta

BMW E46 tipe ini juga menyandang mesin berkapasitas 2.5 liter, tapi kodenya beda dengan 323i. Transmisinya tentu saja masih otomatis.

Diler Bimmeroom di Jakarta memasang harga Rp125 juta bagi unit berwarna perak tersebut. Banderol itu berlaku bagi pembelian kredit maupun tunai.

Untuk kredit dengan asuransi comprehensive, ada penambahan harga pada unit.

Diler berani memberikan buyback guarantee pada unit yang mereka jual.

Mereka juga menggaransi dua komponen mobil sampai jangka waktu atau jarak tempuh tertentu.

“Garansi mesin dan transmisi selama 1.500 km atau 30 hari,” tukas Bimmeroom. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar