Kini Saatnya Beralih ke Bahan Bakar Gas

Berita Otomotif

 Kini Saatnya Beralih ke Bahan Bakar Gas

IIMS 2014 - Harga bahan bakar minyak (BBM) yang semakin tinggi dimanfaatkan oleh PT Autogas Indonesia. Produsen converter kit BBG (Bahan Bakar Gas)  di Indonesia tersebut menawarkan solusi berkendara hemat BBM.

Ditemui di pameran mobil Indonesia International Motor show (IIMS) 2014, Autogas Indonesia menawarkan BBG jenis compressed natural gas (CNG) dan BBG Liquified Gas for Vehicle (LGV).

Teknisi Autogas Arif Effendi menjelaskan untuk pemasangan converter kit BBG CNG dibanderol Rp 17 - Rp 22 juta. Sedangkan harga konverter kit untuk tipe LGV berada di kisaran Rp 14 - Rp 17 juta.

"Untuk pemasangan BBG jenis LGV memang lebih mahal. Kendati demikian semua sangat aman digunakan," ucap Arif.

Mahalnya konverter kit untuk BBG tipe CNG disebabkan tekanan bahan bakar itu lebih besar dibandingkan tipe LGV. Karena itu dibutuhkan instalasi BBG yang lebih baik. Dia menjelaskan penggunaan BBG bisa menghemat dompet jika dibandingkan menggunakan BBM. Biaya yang bisa dihemat dengan memakai BBG bisa mencapai mencapai Rp 2,3 juta per bulan.

Simulasi penggunaan BBM bisa dilihat ketika pengisian penuh satu tabung CNG cukup Rp 37.500, dengan harga Rp 3.100 per liter. Sayangnya, sampai saat ini sangat jarang pengguna mobil beralih ke BBG. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual