Kijang Innova dan Fortuner Sudah Terjual 2,2 Juta Unit di Indonesia

Berita Otomotif

Kijang Innova dan Fortuner Sudah Terjual 2,2 Juta Unit di Indonesia

JAKARTA – Toyota Kijang Innova dan Fortuner sudah terjual dalam jumlah yang luar biasa banyak di pasar otomotif Indonesia.

Toyota baru saja menghadirkan versi facelift dari kedua model ini pada Kamis (15/10/2020). Kijang Innova facelift berbanderol on-the-road (OTR) Jakarta mulai Rp 337,6 – 495,7 juta, sedangkan Fortuner Rp 504,9 – 704,5 juta.

Fortuner adalah sport utility vehicle (SUV) yang merek tersebut sudah lama perkenalkan di Indonesia, yaitu sejak 2005. Kijang Innova—yang awalnya bernama Kijang—malah jauh lebih lama lagi karena sudah hadir di Nusantara sejak 1970-an.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Nusantara hingga detik ini, penjualan dua model tersebut secara akumulatif sudah lebih dari 2 juta unit.

“Kedua produk ini secara total telah menemani mobilitas lebih dari 2,2 juta penumpang di Indonesia,” ucap Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam peluncuran virtual Kijang Innova facelift plus Fortuner facelift.


Sebagai model yang puluhan tahun dijual di Indonesia, Kijang Innova lebih banyak terjual dari Fortuner. Kontribusinya terhadap angka 2,2 juta unit tersebut luar biasa dominan.

“Kijang sudah terjual hampir 2 juta unit,” terang Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran TAM dalam konferensi pers virtual pascapeluncuran.

Kijang Innova, pada 2020 ini, sudah 43 tahun bertahan di pasar roda empat Indonesia. Multi purpose vehicle (MPV) tersebut mengawali perjalanannya sebagai mobil komersial, menjadi mobil penumpang murah bagi rakyat, hingga akhirnya ‘naik kelas’ menjadi MPV medium bagi kalangan masyarakat menengah – menengah atas dengan harga Rp 300 – 400 jutaan.


Model yang dijual saat ini merupakan generasi keenam. Menurut Anton, kunci bertahannya Kijang selama lebih dari empat dekade adalah karena produk ini betul-betul dan dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat negara ini.

“Kijang Innova memang didesain, diproduksi, dijual dari oleh dan untuk orang indonesia. Memang ini produk yang sangat unik. Bisa dibilang, di mana pun, mobil-mobil yg dibuat sesuai kebutuhan konsumen di negara itu akan diterima dengan baik. Termasuk Kijang Innova di Indonesia,” papar dia.

Untuk diketahui, Kijang Innova, Fortuner maupun Hilux menggunakan platform sama karena masuk dalam proyek International Multi-purpose Vehicle (IMV) sejak 2004. Akan tetapi, hanya dua model yang disebutkan pertama yang diproduksi di Tanah Air, kemudian diekspor ke luar negeri selain untuk pasar domestik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar