Kia Siapkan Kejutan

Berita Otomotif

Kia Siapkan Kejutan

JAKARTA - Produsen mobil KIA tengah mempersiapkan amunisi mereka untuk menjalani tahun 2015. Berbagai taktik mereka persiapkan mulai dari penyegaran tampilan mobil hingga perluasan jaringan.

Pada tahun 2014 Kia Motors Corporation berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 5.9% dibandingkan tahun 2013. Secara global, Kia Motors Corporation (KMC) mencatatkan penjualan tahun 2014 sebesar 2.907.757 unit dengan penjualan terbesar adalah Kia Rio sebanyak 491.613 unit.

PT Kia Mobil Indonesia selaku agen pemegang merek mobil Kia di Indonesia mencatatkan penjualan 8.936 unit pada tahun 2014. Adanya pemilihan umum serta situasi politik yang memanas di tahun 2014 memberikan dampak pada penjualan otomotif nasional tahun lalu termasuk penjualan kendaraan Kia di tanah air. 

Selain itu, kenaikan bahan bakar pada akhir tahun lalu, nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah yang cenderung naik serta acuan suku bunga Bank Indonesia yang tinggi menjadi beberapa faktor penghambat bagi konsumen untuk melakukan pembelian kendaraan sehingga berdampak pada jumlah penjualan otomotif nasional tahun lalu. Penjualan commercial vehicle Kia selama tahun 2014 mengalami pertumbuhan sebesar 49.06% dibandingkan tahun 2013. 

Pertumbuhan ini disebabkan karena adanya peningkatan dalam penjualan untuk kendaraan-kendaraan ambulans, niaga, pick-up serta minibus. Kualitas yang bagus, performa mesin diesel yang handal serta low cost maintenance merupakan beberapa faktor yang membuat beberapa perusahaan, institusi pemerintah serta rumah sakit percaya akan kehandalan commercial vehicle PT Kia Mobil Indonesia.

Selain itu, Kia juga berhasil meningkatkan penjualan kendaraan segmen hatchback-nya Kia All New Rio sebesar 8%, meskipun menurut data Gaikindo, kendaraan segmen hatchback (kategori Car B) mengalami penurunan sebesar 19%. 

Terdapat beberapa hal yang membuat Kia Rio bertumbuh di antara pasar yang justru mengalami penurunan, seperti model Kia All New Rio yang stylish dan menarik, kualitas global, serta harga yang reasonable sesuai dengan konsumen Kia di Indonesia.

Namun, PT Kia Mobil Indonesia juga mengalami beberapa penurunan angka penjualan untuk kelas city car, SUV, serta family car. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya serta kompetisi yang semakin ketat di kelas tersebut.

Tahun 2015 ini beberapa pengamat otomotif serta Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) sebagai asosiasi pelaku industri otomotif di Indonesia berpendapat bahwa target penjualan otomotif nasional tahun 2015 ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yaitu lebih kurang 1,2 juta unit. 

Dengan melihat pada pencapaian tahun lalu serta merujuk hal tersebut, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menetapkan target penjualan tahun 2015 sebesar 9.000 unit.

Pada tahun 2015 PT Kia Mobil Indonesia akan fokus pada kepuasan para pelanggan setia Kia di seluruh Indonesia. Sebagai bukti bahwa PT Kia Mobil Indonesia fokus dalam memberikan kepuasan yang terbaik pada para pelanggan Kia di seluruh Indonesia, tahun ini PT Kia Mobil Indonesia.\

Penyegaran pada model-model kendaraan Kia yang telah ada akan segera dilakukan bersamaan dengan perluasan jaringan dan dealer-dealer Kia di seluruh Indonesia. Tak lupa peningkatan kualitas pelayanan dari layanan penjualan (sales) serta layanan purnajual (aftersales) juga akan mereka lakukan. [Syu/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support