Kia Rio Hatchback Kecil Pedas Punya Fitur Istimewa

Mobil Baru

Kia Rio Hatchback Kecil Pedas Punya Fitur Istimewa

JAKARTA – Kia Rio Hatchback menawarkan desain yang elegan nan sporti dan bertabur fitur terkini. Kia Rio yang telah memasuki generasi keempat ini merupakan hasil rancangan desainer di Jerman dan Amerika Serikat. Sementara basis pengembangannya dilakukan di Namyang, Korea Selatan.

Hadir di Indonesia, Kia Rio Hatchback masuk ke pasar yang persaingannya telah dikuasai Honda Jazz dan Toyota Yaris bertahun-tahun lamanya. Ciri khas Tiger Nose pada produk-produk Kia melekat pada generasi terbaru model ini.

Dimensi dari kendaraan asal negeri Ginseng ini bisa dibilang cukup memadai sebagai hatchback. Jarak sumbu roda yang mencapai 2.5 meter lebih, membuat ruang kabin terasa lebih lega dan lapang bagi penumpang maupun pengendara.

Dimensi Kia Rio:

  • Panjang 4.065 mm
  • Lebar 1.993 mm
  • Tinggi 1.445 mm
  • Jarak sumbu roda 2.580 mm

Kia Rio Hatchback
Tidak hanya didukung oleh dimensi yang memadai, Hatchback satu ini juga dibekali dengan sistem kaki-kaki yang andal. Suspensi depan ditopang oleh tipe Mcpherson dan belakangnya menggunakan tipe Multilink. Dua suspensi tersebut menjalankan fungsinya selain untuk menopang kendaraan, juga memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan.

Kia Rio Hatchback ditawarkan dengan pilihan roda atau biasa disebut velg berukuran 15 inci, 16 inci dan 17 inci. Sementara pilihan bannya juga terdiri dari tiga yakni 185/65-15, 195/55-16 dan 205/45-17. Fitur yang melekat pada sektor ini meliputi ABS, EBD dan BA sehingga kenyamanan dan keamanan berkendara lebih terjamin.

Masuk ke dalam kabin, pesaing Jazz, Yaris dan Mazda2 menawarkan interior bernuansa gelap yang membuatnya terlihat lebih sporti. Pada dashboard, terlihat mobil yang mampu memuat lima-penumpang ini menawarkan sistem hiburan melalui layar berukuran 5 inci dengan beberapa fungsi yakni

  • FM Radio
  • CD Player
  • WMA
  • USB
  • MP3

Sementara untuk pengaturan suhu tersedia pilihan digital maupun analog. Sebagai  kendaraan hatchback, Kia Rio memiliki konfigurasi jok belakang 60 : 40 sehingga cukup mudah bagi penggunanya dalam akses keluar masuk barang.
Interior Kia Rio

Keleluasaan berkendara juga didapatkan pengendara dari fitur teleskopik dan tilt steering. Selain itu kabin Rio Hatchback juga terasa lebih lapang atas adanya sunroof. Untuk bepergian, Rio juga memiliki beberapa kantung-kantung penyimpanan yang pastinya memberikan kenikmatan berkendara.

Mesin Kia Rio Hatchback

Model Kia Motors ini menggunakan mesin MPi 4 silinder yang berkapaitas 1.400 cc. Mobil asal Korea Selatan ini dipercaya mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 98 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 133 Nm pada 4.000 rpm.

Dengan bermodalkan mesin tersebut di atas, mobil ini diklaim mampu melesat 11,8 detik (versi manual) dan13.4 detik (versi otomatis) dari keadaan diam. Hebatnya lagi Kia Rio Hatchback telah mengantungi sertifikat EURO6. Di Indonesia hingga saat ini masih menganut bahan bakar tipe EURO2.

Untuk keamanan, Kia Rio Hatchback telah mengantungi rating bintang lima atau tertinggi dalam uji tabrak NCAP dan IIHS. [Dew/Idr]

Berikut harga Kia Rio Hatchack yang dipasarkan di Tanah Air:

  • Kia Rio Hatchback MT Rp 276.6 juta
  • Kia Rio Hatchback AT Rp 191.9

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar