Kia Rio 2014 yang Dilelang Negara Kemahalan, Ini Harganya di Pasar Mobil Bekas

Mobil Bekas

Kia Rio 2014 yang Dilelang Negara Kemahalan, Ini Harganya di Pasar Mobil Bekas

Puluhan unit Kia Rio 2014 yang dilelang negara dilaporkan tidak laku. Ini, menurut pedagang mobil bekas, karena harga awal lelangnya sudah terlalu tinggi.

Seperti banyak diberitakan, sebanyak 75 unit Kia Rio 2014 dilelang oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II melalui laman daring lelang.go.id. Sebanyak 68 unit di antaranya bertransmisi otomatis dan tujuh sisanya transmisi manual.

Adapun kondisinya adalah New Old Stock (NOS). Harga limit atau harga awal lelang Rp112.542.429. Uang jaminan yang harus diberikan Rp45 juta.

Kia Rio 2014 Dilelang Negara pada 2021

Lelang Kia Rio 2014 tersebut sebenarnya sudah berlangsung pada 9 Juni 2021 kemarin. Akan tetapi, menurut penelusuran dari berbagai sumber situs berita, hatchback itu sepi peminat.

Hanya tiga unit yang berhasil terjual. Dari tiga unit itu, penawaran tertinggi Rp137 juta.

Sebelum mengulas kenapa mobil ini sepi peminat di lelang negara, ada baiknya mengetahui dulu seputar mobil NOS agar mendapat gambaran secara menyeluruh.

Apa Artinya Mobil New Old Stock (NOS)?

Mobil NOS sebenarnya tidak bisa 100 persen disamakan dengan mobil bekas. Definisi mobil NOS, jika menilik berbagai sumber, sebenarnya adalah unit baru yang belum dipakai sama sekali tapi tersimpan lama karena satu dan lain hal.

Salah satu alasannya adalah kemunculan model versi terbaru (minor change, major change, facelift, All-New atau generasi baru) di saat stok unit dari model terdahulu masih ada.

Karena itulah, berbagai bagian interior mobil NOS kerap kali masih terbungkus plastik. Jarak pemakaian mobil NOS pun pastinya masih amat sangat rendah.

Risiko Beli Mobil NOS Mirip dengan Beli Mobil Bekas

Meski demikian, ada sedikit kesamaan antara mobil NOS dengan mobil bekas yaitu mengenai risikonya. Apalagi jika mobil NOS tersebut sudah cukup lama dirakit seperti Kia Rio 2014 yang dilelang negara.

Berikut risiko – risiko tersebut, seperti dikutip dari hargamobil.com dan beberapa sumber lain:

  1. Kondisi Tempat Penyimpanan

Calon pembeli tentunya tidak bisa tahu persis bagaimana kondisi tempat penyimpanan unit selama belum terjual. Tak hanya soal tempat penyimpanan itu tertutup atau terbuka tapi bagaimana suhunya, bagaimana kebersihan dari gudang penyimpanan (ada banyak binatang seperti tikus atau tidak), dan lain – lain. Tentu saja hal ini bisa berdampak pada berbagai aspek dari mobil, apalagi jika unitnya ‘mangkrak’ terlalu lama.

  1. Didiamkan Terlalu Lama

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa semakin lama mobil didiamkan, semakin mobil tersebut berpotensi mengalami beragam masalah. Ini menjadi salah satu risiko kerugian membeli mobil NOS.

  1. Tahun Produksi

Semakin lama sebuah mobil produksi massal keluar dari pabrik, semakin turun pula harganya di pasar. Ini terjadi pula pada mobil NOS yang ‘kalah tahun’ dibandingkan unit rakitan tahun yang sama--meskipun modelnya sama - sama belum ada perubahan. Apalagi jika pabrikan sudah merilis versi penyegaran model.

  1. Perlu Pengecekan Seksama

Mobil NOS membutuhkan pengecekan seksama di berbagai bagian mobil, mirip seperti mobil bekas. Misalnya saja mengenai kondisi eksterior dan interiornya, kinerja sistem kelistrikan, kinerja mesin, maupun kinerja berbagai fitur – fitur yang meliputinya.

Pedagang Mobil Bekas: Harga Kia Rio 2014 di Lelang Negara Kemahalan

Andi, Owner Jordy Mobil, menilai tidak lakunya Kia Rio 2014 di lelang negara karena memang harga pembukanya kemahalan. 'Ruang' untuk melakukan penawaran bagi pedagang pun tidak ada.

Menurut dia, harga Kia Rio bekas dari tahun tersebut sekarang di sekitar Rp100 juta. Mahalnya harga awal di lelang negara masih ditambah dengan minat pasar terhadap mobil bekas Korea yang kurang.

“Untuk NOS merek Korea itu tidak terlalu dicari orang… Kalau pun kemarin ada yang beli (Kia Rio 2014 di lelang), itu paling untuk dipakai sendiri. Bukan penjual (mobil bekas),” ucap dia ketika dihubungi Mobil123.com pada Kamis (17/6/2021).

Kondisi amat berbeda, lanjutnya, terjadi pada unit NOS sepeda motor dari model - model yang sudah diskontinyu. Harganya bisa lebih tinggi daripada ketika masih baru.

Unit NOS merek Jepang juga masih bisa lebih tinggi daripada harga barunya, asal menjadi incaran kolekter.

“Kalau motor, ada unit NOS untuk model – model lama pasti harganya tinggi (dari harga barunya dulu). Untuk merek Jepang kalau ada NOS-nya harganya juga bisa lebih tinggi untuk yang jadi incaran kolektor. Kayak Jimny sekarang, terus Estillo misalnya kalau ada NOS-nya.. Bahkan NOS yang Carry juga, kalau memang ada. Enggak ada pasarannya deh tuh,” tandas Andi.

Pilihan Kia Rio Bekas 2014 di Mobil123.com

Minat yang kurang terhadap mobil Korea bekas, dalam hal ini Kia Rio, tergambar pula di Mobil123.com. Bayangkan saja, dari 48.500-an iklan roda empat seken ketika artikel ini dinaikkan, hanya 30 iklan di antaranya yang menawarkan Kia Rio bekas dari berbagai tahun produksi.

Unit termuda berasal dari tahun produksi 2012. Adapun unit tertua merupakan rakitan 2017.

Untuk Kia Rio bekas 2014 sendiri jumlahnya hanya terdiri dari empat iklan saja. Satu unit ada di Tangerang, satu di Aceh, dan dua sisanya terdapat di Yogyakarta.

Harga tertinggi Kia Rio bekas 2014 ketika artikel ini naik tayang adalah Rp117 juta, sedangkan yang terendah Rp85 juta.

Berikut ini adalah unit – unit dari hatchback bermesin bensin 1.4-liter bensin tersebut:

  1. Kia Rio Bekas 2014 Rp85 Juta

Iklan unit ini terpampang sejak 11 Juni 2021. Dealer berlokasi di Aceh dan harga yang tertera masih bisa dinegosiasikan.

Akan tetapi, tidak dijelaskan mengenai perbedaan antara banderol cash maupun kreditnya. Demikian pula mengenai TDP (Total Down Payment/Total Uang Muka) beserta opsi tenor plus cicilan per bulannya.

Informasi status pajak pun tidak dijabarkan. Dengan demikian, peminat di provinsi berjuluk ‘Serambi Mekah’ ini mesti bertanya langsung tentang banyak hal pada penjual.

“Pelek sport, USB, DVD Player, Alarm, Power steering, Hand Brake – Fold Down,” tulis dealer dalam kolom keterangan keterangan.

  1. Kia Rio Bekas 2014 Rp100 Juta

Iklannya hadir di Mobil123.com sejak 25 Mei 2021. Harga untuk pembelian secara kredit yang dipasang dealer penjual di Tangerang, Banten adalah Rp100 juta, sementara harga untuk pembelian secara cash Rp109 juta.

Pajak kendaraan masih berlaku sampai 28 Maret 2022. Cicilan per bulan mulai Rp2 juta, akan tetapi tidak diinformasikan mengenai TDP-nya.

"Benefit pembelian di kami: garansi mesin dan transmisi 90 hari. Bebas Kecelakaan Banjir. Dokumen Lengkap. 150 poin pengecekan,” tulis dealer.

  1. Kia Rio Bekas 2014 Rp115 Juta

Unit diiklankan sejak 12 Juni 2021. Harga kredit Rp115 juta, sedangkan harga cashnya Rp10 juta lebih mahal dari itu.

Unit dijual dealer yang berlokasi di Yogyakarta. TDP-nya Rp10 juta saja, dengan cicilan per bulan Rp3,5 jutaan selama empat tahun. “Pajak panjang, Februari 2022,” kata dealer.

  1. Kia Rio Bekas 2014 Rp118 Juta

Iklan unit ini hadir sejak 11 Mei 2021. Harga kredit Rp118 juta, sementara harga cash Rp128 juta.

Penjualnya lagi – lagi dealer di Yogyakarta. DP-nya minim yakni Rp13 jutaan dengan angsuran bulanan Rp3,5 jutaan selama empat tahun.

Unit diklaim siap pakai. “KM wajar, 71 ribu km, asli,” aku dealer. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar