Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kia Pilih Jual Mobil Listrik Murni daripada Mobil Hybrid di Indonesia

Berita Otomotif

Kia Pilih Jual Mobil Listrik Murni daripada Mobil Hybrid di Indonesia

JAKARTA – Kia sejauh ini lebih memilih fokus kepada mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), terkait strategi elektrifikasi mereka di Indonesia.

Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha Ario Soerjo mengatakan Kia untuk sementara ini lebih condong meluncurkan dan menjual ke mobil listrik murni ketimbang mobil hybrid.

“Kalau bertanya bagaimana (strategi elektrifikasi Kia di Indonesia), kami mempelajari ke mana arah regulasi pemerintah. Saat ini, kami melihatnya adalah untuk BEV,” kata dia merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, 10-19 Maret kemarin di Senayan.

“Jadi, kami akan coba fokus ke BEV dulu,” lanjut Ario.

Kia EV6

Sekadar mengingatkan, pemerintah memberikan beragam insentif untuk kendaraan listrik sejak terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, demi mendorong tumbuh-kembang industri serta pasarnya di Tanah Air.

Dari semua teknologi elektrifikasi, kendaraan listrik murni menjadi teknologi yang paling banyak mendapatkan insentif.

Salah satu insentif terkini, jika berbicara roda empat, adalah rencana pemberian subsidi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sehingga tarifnya menjadi hanya 1 persen mulai 1 April 2023.

Kia pun telah menjual satu model mobil listrik murni di Indonesia sejak tahun lalu. Merek asal Korea Selatan ini menjual Kia EV6 GT-Line AWD.

Uniknya, EV6 awalnya hanya ingin dipamerkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Serpong, Tangerang.

Namun, kuatnya minat para orang kaya Indonesia membuat Kia akhirnya membuka pemesanan resmi dalam pameran tersebut.

Harga resmi EV6 diumumkan pada Januari 2023 yakni Rp1,299 on the road (OTR) Jakarta. Seremoni penyerahan 12 unit perdana kepada konsumen dilakukan pada hari pertama GJAW 2023.

Kia EV9

Lebih lanjut, Ario tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perakitan lokal mobil listrik. Kia sendiri, akunya, tak lama lagi ingin mulai merakit di Indonesia, memanfaatkan pabrik mobil Indomobil Group.

“Tidak menutup kemungkinan, kalau diarahkan untuk ada produksi lokal, ya, kami pelajari juga,” sebut dia.

Merek yang menjadi ‘adik kandung’ Hyundai ini, Selasa (28/3/2023) besok, berencana melakukan peluncuran global mobil listrik Kia EV9.

Apakah EV9 akan menyusul EV6 dijual di Tanah Air? Mari, kita nantikan bersama. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang