Kia Pamerkan Kabin Mobil yang Bisa Baca Emosi di CES 2019

Berita Otomotif

Kia Pamerkan Kabin Mobil yang Bisa Baca Emosi di CES 2019

NEVADA – Kia bersiap memamerkan teknologi pembaca emosi manusia di Consumer Electronics Show (CES) 2019, 9 – 12 Januari mendatang di Las Vegas Convention Center, Nevada, Amerika Serikat.

CES sudah menjadi ajang unjuk teknologi terbaru hasil pengembangan perusahaan-perusahaan otomotif maupun teknologi. Sebelum Kia mengumumkan rencana mendemonstrasikan teknologi pembaca emosi manusia, perusahaan-perusahaan otomotif lain sudah terlebih dahulu melakukannya.

Misalnya saja Honda yang punya banyak ‘atraksi’, mulai dari kendaraan off-road otonom, teknologi konektivitas, hingga robot pintar. Hyundai, di sisi lain, segera memperlihatkan teknologi hiburan mobil otonom.

Lebih lanjut, Kia, menurut Carscoops pada akhir pekan ini, bakal mempertunjukkan Real-Time Emotion Adaptive Driving (READ). READ mereka nilai sebagai teknologi masa depan di dalam kabin sebuah mobil otonom.

Pengembangan READ tidak dilakukan oleh Kia saja. Pabrikan asal Korea Selatan yang berada di bawah Hyundai Motor Company ini berpartner dengan Media Lab Affective Computing Group dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Menurut Kia, READ dapat mengoptimalisasi serta melakukan personalisasi pada kemampuan kabin. Tak hanya berfungsi sebagai ruang yang ‘mati’, kabin bisa menganalisa emosi pengemudi di dalam kabin kemudian menyesuaikan suasana agar mendapatkan pengalaman berkendara lebih.

Teknologi READ diprediksi berguna di era mobil otonom kelak, ketika manusia tidak perlu lagi memperhatikan kondisi jalan dan hanya perlu duduk dengan rileks.

“Kami telah mengembangkan sistem READ untuk menciptakan mobilitas masa depan yang mempunyai ruang kabin interaktif, dengan memadukan teknologi kontrol kendaraan canggih plus pembaca emosi berbasis kecerdasan artifisial. READ memungkinkan komunikasi berkelanjutan antara pengendara dengan kendaraan melalui pembacaan emosi. Teknologi ini mengoptimalkan kabin berorientasi humanis bagi pengendara dalam waktu riil,” papar Albert Biermann, Head of Research and Development Hyundai dan Kia.

Dalam CES 2019, Kia mengusung tema ‘Space of Emotive Driving’ (Ruang Pengemudian yang Penuh Perasaan). Selain READ, Kia bakal menampilkan teknologi-teknologi lain yang sejalan dengan tema tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support