Kia Niro, Crossover Kecil Berfitur Mobil Mewah

Mobil Baru

Kia Niro, Crossover Kecil Berfitur Mobil Mewah

CHICAGO – Pertengahan Januari 2016 Kia Niro diumumkan akan diluncurkan oleh Kia dalam waktu dekat.

Dan Kia Motors America pun menepatinya di Chicago Auto Show 2016. Kemarin (11/2) Kia Niro Hybrid Utility Vehicle (HUV) 2017 melantai di pameran tersebut.

Kia Niro didaulat sebagai salah satu komponen Green Car Roadmap dari Kia Motors. Dia akan duduk di posisi unik yakni di antara kendaraan listrik-hybrid dengan segmen CUV (Crossover Utility Vehicle).

Kia Niro

Sepintas kita akan menilai Kia Niro seperti Kia Sportage yang dikerdilkan. Kita masih bisa melihat hubungan antara kedua saudara tersebut dari sisi bokong.

Mobil yang didesainnya digodok oleh tim dari Namyang dan California ini menggendong mesin Kappa 1.6-litre GDI 4-silinder (103 hp). Mesin tersebut didesain khusus oleh Kia untuk mobil-mobil hybrid mereka. Sebuah motor traksi (43 hp) atau transmission-mounted electric device (TMED) bekerjasama dengan mesin bensin menghasilkan tenaga 146 hp dan torsi 264 Nm.

Tenaga disalurkan oleh transmisi kopling ganda 6-speed generasi kedua yang memberikan perpindahan gear halus, cepat dan alami. Sebagai pelengkap sistem kendaraan hybrid, Kia menempatkan satu baterai 1.56-kWh Lithium Ion Polymer di bawah jok baris kedua.

Ketika bergerak sejauh 1 kilometer maka Kia Niro menghasilkan 89 gram CO2.

Kia memperkaya Kia Niro dengan sejumlah fitur keselamatan terdepan Blind Spot Detection with Rear Cross Traffic Alert and Lane Change Assist; Advanced Smart Cruise Control; Lane Departure Warning; dan Autonomous Emergency Braking.

Kia Niro

Satu fitur lagi yang patut kita puji untuk Kia Motors adalah diaplikasikannya Eco-DAS (Driver Assistance System) yang terdiri dari Coasting Guide and Predictive Energy Control. Coasting Guide adalah memandu pengemudi agar memaksimalkan ekonomi BBM saat ketika untuk meluncur dan mengerem.

Predictive Energy Control menggunakan sistem navigasi dan cruise control untuk mengantisipasi perbedaan topografi jalan di depan dan secara aktif mengelola aliran energi, menentukan waktu terbaik untuk mengisi ulang baterai dan  mengeluarkan energi yang tersimpan untuk mengoptimalkan efisiensi secara keseluruhan. Sistem ini mirip dengan mobil-mobil mewah Jerman. Namun Kia mengklaim menjadi produsen pertama yang membuat sistem ini bisa memantau dan menyesuaikan skenario tanjakan dan turunan. [idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

Tag Terkait


Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual