Kia Diam-Diam Siapkan Penantang Avanza dan Xpander

Mobil Baru

Kia Diam-Diam Siapkan Penantang Avanza dan Xpander

JAKARTA - Kia diam-diam sedang mengembangkan sebuah low MPV yang siap untuk menjadi penantang bagi Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander juga Suzuki Ertiga dan India akan dijadikan basis produksi awalnya.

Kabar ini sendiri berasal dari dokumen Kia yang diberitakan oleh Electric Vehicle Web. Dan isinya adalah materi presentasi tentang time line produk Kia mulai 2021 hingga 2022.

Yang paling menarik dari dokumen tersebut adalah tampak sebuah model MPV berkode KY dan terjadwal untuk diluncurkan pada Januari 2022. Kia sendiri menyebut bahwa MPV terbarunya nanti merupan "model strategis India", jadi sudah bisa dipastikan development produk akan dilakukan di sana dan tentu di pabrik mereka di Anantapur.

Tak hanya itu, terdapat juga keterangan bahwa produk baru ini nantinya tidak ekslusif akan dijual hanya di India. Bagian dari dokumen menyebutkan bahwa ada rencana untuk mengekspor produk jadinya dengan target 26 ribu unit per tahun di pasar di luar India.

MPV Kia calon penantang avanza dan Xpander
Kia KY sendiri kabarnya akan dilengkapi dengan beberapa pilihan mesin baik bensin maupun diesel. Bisa jadi akan kurang lebih sama dengan Kia Seltos di India. 

Mesin bensin akan hadir dengan 2 pilihan. Masing-masing berkapasitas 1.5-liter bertenaga 114 hp dan torsi 144 Nm serta 1.4-liter turbo 138 hp dan torsi 242 Nm. Pilihan lainnya adalah mesin diesel 1.5-liter CRDi Turbodiesel bertenaga 114 hp dan torsi 250 Nm. Juga kemungkinan KY akan dilengkapi sistem mild hybrid agar bisa memenuhi standar emisi gas buang di India.

Lalu Model Apakah Ini?

MPV Kia calon penantang avanza dan Xpander
Tebakan-tebakan model kemudian bermunculan untuk MPV Kia terbaru yang tentu cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Spekulasi terdekat bahwa Kia KY ini merupakan kembaran dari calon produk saudara tua mereka Hyundai Staria.

Jika dirunut ke belakang, berita soal Staria sendiri sempat muncul ke permukaan saat diberitakan bahwa merek dagangan mobil ini telah diajukan Hyundai ke badan paten Filipina pada Juni 2020. Dalam laporan disebut nama Staria akan berupa sebuah MPV, van, kendaran listrik maupun hybrid.

Menariknya, menurut media Filipina Autoindustriya, mobil ini akan dibuat di Indonesia. Dan juga akan dijual di Malaysia, Laos termasuk Kamboja. Bahkan ada kemungkinan juga dipasarkan di Jerman, Perancis dan Amerika Selatan.

Hyundai Indonesia sendiri sampai saat ini belum memberikan konfirmasi resmi seputar Staria. Namun dengan investasi yang telah dilakukan di Tanah Air, bukan tidak mungkin Hyundai akan membuat gebrakan memproduksi mobil kelas low MPV. 

Jika benar-benar terwujud dan Staria serta KY akhirnya dijual di Indonesia, tentu persaingan low MPV akan semakin ramai. Kia dan Hyundai akan bersaing langsung di kelas volume meker para pabrikan otomotif arus utama.

Akankan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga serta Wuling Confero akan dapat perlawanan sepadan dari Staria dan KY?. Nantikan kabar selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar