Keuntungan Beli Mobil Bekas Bagi Kaum Milenial

Panduan Pembeli

Keuntungan Beli Mobil Bekas Bagi Kaum Milenial

CALIRFORNIA - Membeli kendaraan baik itu baru maupun bekas memiliki keuntungannya dan resikonya masing-masing.

Membeli mobil bekas disebut memiliki keuntungan tersendiri karena harganya terbilang lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Apalagi bila membeli mobil bekas dengan kondisi relatif prima, maka keuntungan sang pembeli boleh dikatakan lebih baik. Hal ini disebut harus dipahami oleh para kaum milenial yang masih merintis karirnya.

David Bach, penulis dari Finish Rich Book Series dan Automatic Millionaire Series menyebut bahwa kaum milenial harus paham bahwa mobil baru memiliki resiko depresiasi harga. Mobil baru akan menurun harganya seikitar 20 hingga 30 persen dalam satu tahun pertama. Harga tersebut akan semakin turun hingga sekitar 60 persen setelah lima tahun.

“Kebanyakan orang membeli mobil dengan cara kredit atau berhutang untuk membeli mobil. Kenapa harus meminjam uang untuk aset yang nilainya akan turun 30 persen dalam waktu singkat?” ungkapnya.

Ia pun menyarankan untuk para milenial bahwa membeli mobil bekas adalah sebuah solusi menarik. Apalagi bila membeli mobil yang berusia sekitar tiga tahun karena harganya relatif murah namun usia kendaraan belum terlalu tua.

“Dengan membeli mobil dengan usia dua atau tiga tahun maka Anda akan mendapatkan kendaraan relatif baru namun dengan harga sekitar 30 persen lebih rendah dibandingkan harga kendaraan baru,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa meski penawaran kredit kendaraan sangat menggoda, bukan berarti para kaum milenial bisa fokus ke cicilannya saja. Ia menyarankan agar tetap memperhatikan harga keseluruhan mobil hingga di akhir pembiayaan.

“Jika seseorang mencicil USD 500 (Rp 7,4 juta) per bulan, maka Ia akan menghabiskan dana sebesar USD 6.000 (Rp 88,815 juta) setahun. Itu belum termasuk dengan biaya asuransi dan bahan bakar. Jumlah tersebut mungkin setara dengan dua atau tiga kali gaji para milenial. Sekarang ingat total tersebut dan tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda benar-benar membutuhkan mobil dengan harga tersebut atau mau mobil sedikit lebih tua namun berfungsi dengan baik? “ tambahnya.

Pertimbangan ini memang terbilang menarik, namun kaum milenial juga harus ingat bahwa mencari mobil bekas dengan kondisi baik pun perlu keberuntungan dan kesabaran. Hal ini tentunya untuk menghindari membeli kendaraan yang ternyata tidak sebaik harapan.

Ada banyak cara untuk membeli mobil bekas mulai dari membelinya di dealer terpercaya hingga membawa mekanik pribadi untuk memastikan kondisi kendaraan yang sebenarnya. Namun bila tidak ingin mengambil resiko tersebut, maka membeli mobil baru tetaplah menjadi solusi paling jitu mendapatkan mobil sesuai kebutuhan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual