Keuntungan dan Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Panduan Pembeli

Keuntungan dan Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Syarat Kredit Mobil Bekas - Melakukan pembelian mobil bekas secara kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang paling diminati saat saat ini.

Ada banyak keuntungan membeli kendaraan secara kredit bila dibandingkan dengan membeli secara tunai. Salah satunya adalah pelanggan bisa meningkatkan mobilitas berkendaranya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Harga mobil yang terbilang tinggi bukan tidak mungkin justru bisa membuat dana darurat yang seharus tidak boleh digunakan justru habis tak bersisa.

Selain itu, untuk membeli mobil secara kredit juga umumnya sudah dilengkapi dengan gratis asuransi kendaraan. Jenis asuransi pun berbeda-beda untuk setiap kendaraan, namun setidaknya pelanggan tidak perlu pusing lagi untuk membeli asuransi.

Meski demikian, periksa ulang kembali polis asuransi yang diberikan guna menghindari terjadinya kesalahpahaman. Bila ternyata asuransi yang berikan dinilai masih kurang cocok, maka tidak ada salahnya untuk melakukan upgrade dengan hanya menambah selisih harga yang sudah diberikan sebelumnya. Tentunya dengan ini biaya yang harus dibayarkan akan menjadi lebih ringan ketimbang membelinya sendiri.

Tak hanya itu, untuk membeli mobil secara kredit, pelanggan juga akan dimudahkan dengan beragam promo menarik. Mulai dari DP ringan, cicilan ringan hingga tenor panjang semua bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pelanggan.

Khusus untuk membeli mobil bekas secara kredit, pelanggan akan mendapatkan beragam keuntungan lain. Salah satunya adalah terhindar dari mobil dengan surat bermasalah. Pasalnya, sebuah perusahaan pembiayaan akan langsung menolak pengajuan bila diketahui bahwa mobil yang dibeli menggunakan surat-surat palsu.

Membeli mobil bekas secara kredit juga diuntungkan dengan angka depresiasi yang lebih rendah. Dengan demikian, saat hendak menjual kembali mobil maka penurunan harga tidak akan terlalu besar bila dibandingkan dengan harga mobil baru.

Membeli kredit mobil bekas juga memiliki keuntungan lain. Salah satunya adalah harga yang relatif lebih bersaing bila dibandingkan mobil baru. Hal ini karena umumnya dealer mobil bekas masih mau untuk melakukan negosiasi harga hingga tercapai kesepakatan bersama yang saling menguntungkan.

Beberapa Syarat Kredit Mobil Bekas Ini Harus Dipenuhi

Keuntungan dan Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Membeli mobil bekas dengan cara kredit pun bukanlah masalah yang sulit. Terlebih bila hendak membeli mobil di dealer yang sudah memiliki rekanan perusahaan pembiayaan. Maka proses pengajuan akan menjadi lebih mudah.

Adapun persyaratan pengajuan tidak terlalu sulit karena hanya perlu melengkapi formulir dan menyerahkan sejumlah surat. Dengan demikian proses bisa langsung dilakukan dan bila lolos maka mobil akan menjadi milik pelanggan.

Dan berikut rangkuman tim redaksi Mobil123.com mengenai persyaratan yang harus dilengkapi oleh pelanggan mobil bekas.

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Bukti bayar PBB, rekening listrik atau air
  • Surat Keterangan Bekerja untuk pekerja
  • Keterangan izin praktik untuk profesional
  • Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP bagi pengusaha

Tentunya setiap perusahaan pembiayaan memiliki persyaratanya masing-masing sesuai dengan kebijakannya. Jadi jangan terkejut bila antara perusahaan pembiayaan yang satu dengan lainnya terjadi sedikit perbedaan.

Untuk melakukan pengajuan, tentukan terlebih dahulu paket yang hendak diinginkan. Masing-masing paket tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Tak perlu terburu-buru untuk memilih paket, sesuaikan saja dengan kondisi keuangan.

Perlu diingat bahwa semakin kecil DP yang dibayarkan dan semakin lama tenor maka bunga yang harus dibayarkan akan semakin besar. Demikian pula sebaliknya, semakin besar DP, angsuran serta tenor yang pendek maka akan membuat bunga menjadi lebih ringan.

Bila memang membutuhkan kendaraan dengan segera namun tidak bisa membelinya dengan DP besar, maka paket dengan DP ringan bisa menjadi pilihan. Tentukan lagi apakah hendak menggunakan cicilan ringan dengan tenor panjang atau cicilan besar namun tenor kecil.

Tidak Semua Pengajuan Kredit Mobil Diterima

Keuntungan dan Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Meski persyarakat terlihat mudah, patut diketahui bahwa tidak semua pengajuan kredit akan diterima oleh perusahaan pembiayaan. Hal ini karena setiap perusahaan pembiayaan ingin memastikan bahwa pemohon memang memiliki kemampuan financial untuk melunasi kewajibannya.

Salah satu cara memastikan bahwa pemohon memiliki kemampuan untuk melunasi kewajibannya adalah dengan melakukan survei. Umumnya saat survei perusahaan pembiayaan akan menghubungi perusahaan tempat pemohon bekerja. Ketika itu, pihak perusahaan pembiayaan biasanya akan menghubungi pihak HRD untuk menanyakan status hingga gaji pemohon.

Selain itu, latar belakang pemohon juga akan diselidiki apakah memiliki hutang di perusahaan pembiayaan lain atau tidak. Bila ternyata bersih, maka akan memudahkan pemohon untuk mendapatkan persetujuan kredit dari perusahaan pembiayaan.

Agar Pengajuan Kredit Lebih Mudah Diterima

Keuntungan dan Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengajuan syarat kredit mobil bekas bisa diterima oleh pihak perusahaan pembiayaan. Salah satunya adalah memastikan penghasilan pemohon cukup untuk membayar cicilan. Hal ini bisa terlihat dari rekening koran yang diserahkan saat pemohon mengajukan kredit.

Orang dengan penghasilan rutin akan memiliki nilai tambah karena Ia mampu membayar cicilan setiap bulannya melalui gaji. Sementara bagi mereka yang bekerja sebagai wiraswasta maka akan dilihat dari pendapatannya setiap bulan apakah cukup besar untuk dapat membayar cicilan atau tidak.

Selain penghasilan, perusahaan juga akan melihat dari mobil yang hendak dibeli. Perusahaan pembiayaan tentunya akan memeriksa apakah mobil yang dibeli sesuai dengan penghasilan sang pemohon. Tentunya, bila pemohon merupakan orang dengan penghasilan seadanya tidak akan bisa mendapat persetujuan untuk membeli mobil berharga mahal, meski bekas sekalipun.

Kesehatan rekening yang dimiliki juga menjadi pertimbangan apakah pengajuan kredit dapat diterima atau tidak. Perusahaan pembiayaan akan cukup ketat dalam memeriksakan kesehatan rekening yang disampaikan. Bila dalam rekeninng terlihat bahwa pemohon bisa mengendalikan pengeluarannya agar tetap tersisa maka pengajuan kredit akan lebih mudah.

Selanjutnya adaah jumlah DP yang diberikan. Semakin besar DP yang dibayarkan tentu akan semakin memudahkan perusahaan untuk memberikan persetujuan. Hal ini karena artinya pelanggan dinilai memiliki uang cukup untuk membayar cicilan setiap bulannya ketimbang dengan mereka yang memilih untuk mengambil DP ringan.

Tak hanya itu, dengan DP yang lebih besar maka cicilan yang harus dibayarkan akan menjadi lebih ringan. Selain itu, tenor yang diambil juga bisa lebih pendek sehingga perusahaan pembiayaan akan menilai bahwa risiko terhadap pemohon tersebut terbilang kecil.

Mobil Bekas yang Dapat Dibeli dengan Cara Kredit

Keuntungan dan Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Meski bisa dibeli secara kredit, tidak semua kendaraan bisa dibeli secara kredit oleh perusahaan pembiayaan. Salah satu yang cukup sulit untuk bisa didapatkan pengajuan kreditnya adalah mobil-mobil tua.

Hal ini karena beberapa perusahaan pembiayaan menilai bahwa mobil tua memiliki risiko lebih tinggi bila dibandingkan dengan kendaraan baru. Sehingga, perlu pembatasan usia kendaraan yang bisa diajukan untuk kredit.

Kalaupun ada perusahaan pembiayaan yang menerima pengajuan kredit kendaraan tua, aturannya akan sangat ketat. Salah satunya adalah waktu tenor yang lebih pendek sehingga DP dan angsuran perbulan akan menjadi lebih besar. Hal tersebut terpaksa dilakukan untuk menghindari terjadinya gagal bayar di masa depan. [Adi/Tutus]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar