Keren, Ojek Online Grab di Bali Mulai Pakai Motor Listrik

Berita Otomotif

Keren, Ojek Online Grab di Bali Mulai Pakai Motor Listrik

JAKARTA – Grab semakin memperluas penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Terkini, para pengendara ojek online mereka di Bali sudah mulai mengendarainya.

Grab, seperti dijelaskan melalui keterangan resmi pada Kamis (26/11/2020), meluncurkan 30 ojek online yang mengendarai sepeda motor listrik. Bersamaan dengan itu, mereka juga meluncurkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di tujuh titik di ‘Pulau Dewata’.

Langkah ini mereka capai melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain menggandeng PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), Grab juga merangkul PT. Pegadaian.


“Untuk mendukung misi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 29 persen pada 2030, kami telah meluncurkan peta jalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia pada 2019 lalu. Hari ini kami bangga dapat memperluas jangkauan kami hingga Bali, dengan menghadirkan KBL (Kendaraan Berbasis Listrik) dan SPBKLU di Pulau Dewata,  untuk mendukung terbangunnya sistem Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang ramah lingkungan serta efisien,” ucap Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia.

I Wayan Koster, Gubernur Bali, menyambut baik kehadiran motor listrik Grab di sana. Menurut dia, visi pemerintah untuk mendorong tumbuhkembang pasar dan industri kendaraan listrik di Indonesia sudah mereka dukung lewat Peraturan Gubernur Nomor 45 dan 48 tahun 2019 mengenai Energi Bersih dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Saya berharap hadirnya sepeda motor listrik ini dapat semakin mendukung alam bali yang bersih dan bebas polusi,” ungkapnya. 

Sekadar mengingatkan, Presiden Joko Widodo telah merilis Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang berisi berbagai insentif fiskal maupun nonfiskal bagi kendaraan listrik mulai dari hybrid, plug-in hybrid, hingga listrik murni. Insentif – insentif ini berlaku mulai Oktober 2021.

Pada 2025, pemerintah menargetkan 20 persen produksi lokal kendaraan dikontribusikan oleh kendaraan listrik. Ini berlaku bagi mobil maupun motor.

Grab sejak 2019 juga sudah mulai menggunakan kendaraan listrik mulai dari mobil, motor, sepeda, dan skuter. Adapun merek – merek yang mereka gunakan adalah Hyundai, Kymco, Viar, Selis.


Pesaing Gojek tersebut mengklaim sebagai satu – satunya perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan lebih dari 5.000 kendaraan listrik. Berdasarkan riset internal, 70 persen pengemudi dan pengendara Grab yang menggunakan kendaraan listrik senang karena pendapatan mereka naik berkat biaya bensin yang berkurang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar