Keren, Merek China Ini Berencana Luncurkan Mobil Terbang pada 2024

Berita Otomotif

Keren, Merek China Ini Berencana Luncurkan Mobil Terbang pada 2024

BEIJING – Jika rencana merek China XPeng terealisasi, tiga tahun lagi kita akan melihat keberadaan mobil terbang sungguhan dengan empat ban serta sayap.

Dalam pagelaran 1024 Tech Day beberapa waktu lalu, XPeng mengumumkan sebuah mobil terbang konsep yang dikembangkan perusahaan afiliasi mereka HT Aero. Versi produksinya, menurut laporan Carscoops, dijadwalkan meluncur pada 2024.

XPeng menekankan bahwa, mobil terbang mereka nantinya memenuhi semua regulasi untuk bisa dikendarai di jalanan umum.

Sayang, perusahaan yang bermarkas di di Guangzhou itu tidak menerangkannya secara spesifik. Satu dari sedikit informasi mengenainya adalah bahwa mobil terbang tersebut dikembangkan secara internal oleh tim mereka sendiri (in-house) dan menampilkan berbagai fitur keselamatan.

mobil terbang merek China XPeng

Material-material yang digunakan membuat mobil terbang XPeng berbobot ringan. Ada pula mekanisme rotor yang bisa terlipat secara ringkas.

Kemampuan lainnya adalah mengudara dan mendarat secara vertikal, atau disebut juga Vertical Take-off and Landing (VTOL).

Pintunya, di sisi lain, dibuat dengan model gullwing.

Desain mobil terbang XPeng sendiri tampak seperti sebuah supercar futuristik. Lekuk-lekuknya aerodinamis dan sebagian dari roda pada bagian belakang tertutupi.

mobil terbang merek China XPeng

Interiornya menampilkan fitur-fitur seperti di film fiksi ilmiah. Misalnya saja sistem hiburan dengan kaca transparan, lalu juga Digital Display yang terintegrasi dengan setir.

Kursi pengemudi dan penumpang depan terlihat dipisahkan oleh sebuah partisi. Desain setirnya seperti yang ada pada pesawat terbang.

Lebih lanjut, rencana besar yang XPeng umumkan dalam 1024 Tech Day bukan hanya mobil terbang.

mobil terbang merek China XPeng

Ada, misalnya, rencana peluncuran sistem bantuan pengemudian XPilot 3.5 tahun depan dengan Dual Camera Vision Coverage, LiDAR, serta Milimeter-wave Radar Sensor yang memungkinkan kendaraan melihat kondisi lingkungan maupun jalan secara tiga dimensi.

Lalu, pada 2023, XPeng  bakal merilis XPilot 4.0. Teknologi ini mereka katakan sebagai sistem bantuan pengemudian dalam semua skenario yang membuat perjalanan dari poin A ke poin sepenuhnya otonom.

Perangkat-perangkat tambahan yang ada di dalamnya antara lain, 8 Million Pixel Front-view Binocular Camera, 2,9 Million Pixel Side-View Camera, kemudian dua Orin-X Autonomous Driving SoCs. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar