Keren! Android 12 Bisa Digunakan Sebagai Kunci Digital Kendaraan

Berita Otomotif

Keren! Android 12 Bisa Digunakan Sebagai Kunci Digital Kendaraan

CALIFORNIA – Kunci digital untuk kendaraan bermotor kini tidak lagi hanya dimiliki oleh pemilik iPhone karena Android 12 juga memiliki fitur tersebut.

Google mengumumkan kehadiran dari Andorid 12 yang diklaim akan memberikan banyak perbedaan bila dibandingkan dengan Android 11. Salah satu penambahan fitur tersebut adalah kunci digital yang bisa mengunci, membuka kunci dan menyalakan mobil.

Mereka mengatakan bahwa fitur tersebut akan menggunakan teknologi Ultra Wideband (UWB) sehingga pemilik kendaraan bisa membuka kunci tanpa mengeluarkan ponselnya dari kantong. Namun tentunya, smartphone yang digunakan memang sudah dilengkapi dengan chip UWB.

Lantas bagaimana pengguna smartphone yang belum memiliki fitur tersebut? Google pun memberikan solusi lain yaitu dengan menggunakan NFC. Namun untuk menggunakan NFC, pemilik harus menempelkan smartpone mereka ke mobil. Kunci virtual tersebut juga bisa dibagikan kepada keluarga atau rekan yang memerlukan akses ke mobil tersebut.

Android 12

Aplikasi kunci digital tersebut nanti akan tersedia di beberapa smartphone keluaran Pixel dan Samsung Galaxy. Namun tidak disebutkan model apa saja yang akan mendapatkan fitur terbaru tersebut.

Perlu diketahui bahwa saat ini belum ada smartphone Pixel yang telah menggunakan teknologi UWB. Mungkin teknologi tersebut baru akan digunakan untuk model-model berikutnya yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Kehadiran kunci digital pada Android 12 ini tentu sangat menarik, namun produsen mobil juga harus melakukan pengembangan agar teknologi tersebut tidak sia-sia. Ini tentunya memerlukan sedikit waktu tambahan bagi produsen mobil untuk memenuhi hal tersebut.

Sama seperti Apple, sejauh ini baru BMW saja yang bisa menggunakan fitur kunci digital tersebut. Ini tentunya harus menjadi pertimbangan dari produsen kendaraan lain untuk lebih cepat dalam melakukan inovasi khususnya di teknologi digital.

Untuk sementara, Andoroid 12 baru akan hadir dalam bentuk beta dan belum bisa digunakan pada seluruh smartphone. Google menjelaskan bahwa hanya beberapa brand dan model tertentu saja yang bisa menggunakan Android 12 Beta. Versi beta ini dimulai dari bulan Mei hingga bulan Agustus kemudian memasuki periode stabilisasi hingga diluncurkan secara resmi.

Dan berikut adalah brand smartphone yang sudah bisa menggunakan Android 12 Beta.

  • ASUS
  • Google Pixel
  • OnePlus
  • Oppo
  • realme
  • Sharp
  • TECNO
  • TCL
  • Vivo
  • Xiaomi
  • ZTE

[Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar