Kepolisian akan Gelar Operasi Patuh Akhir Agustus

Berita Otomotif

Kepolisian akan Gelar Operasi Patuh Akhir Agustus

JAKARTA – Korlantas Polri akan menggelar Operasi Patuh 2019 pada tanggal 29 Agustus-11 September 2019.

Target Operasi Patuh diantaranya menyasar pengendara motor tidak memakai helm, pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur, tidak memakai sabuk keselamatan, melawan arus, melebihi batas kecepatan, penggunaan hp dalam berkendara serta minum alkohol saat mengemudi. Rencananya, operasi ini akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia.

Tujuan dari operasi ini disebut Irjen Pol. Refdi Andri, Kakorlantas Polri adalah meningkatkan keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Maklum, biasanya bila ada operasi seperti ini maka masyarakat akan berkendara dengan lebih hati-hati. Dalam pelaksanaannya, Operasi Patuh akan bekerjasama dengan beberapa pihat terkait seperti Jasa Raharja, Dinas Perhubungan dan Pemerintah Daerah setempat.

“Tidak bisa kita bekerja sendiri, semuanya saling berkoordinasi dengan mitra terkait,” tegasnya.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan bekerja secara profesional dan transparan. Pasalnya, operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan tranparansi aparat penegak hukum sebagai bagian dari pelayanan masyarakat.

“Operasi Patuh bertujuan untuk peningkatan bidang pelayanan baik informasi hingga administrasi dan penegakan hukum. Kami melaksanakan kegiatan proaktif dan pendekatan preventif dalam pelaksanaan operasi ini. Dan kami akan meningkatkan profesionalisme dan transparansi khususnya dalam pelayanan,” tutup Refdi.

Operasi lalu lintas memang merupkan kegiatan yang cukup sering dilakukan dari tahun ke tahun. Langkah ini dinilai masih menjadi salah satu cara paling ampuh untuk memberikan efek jera terhadap para pelanggar lalu lintas. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar