Kendaraan Mild-Hybrid Kuasai 25 Persen Penjualan di 2026

Berita Otomotif

Kendaraan Mild-Hybrid Kuasai 25 Persen Penjualan di 2026

PARIS - Kendaraan Mild Hybrid dikabarkan akan menguasai 25 persen penjualan mobil diseluruh dunia pada 2026.

Hal ini disampaikan Valeo, salah satu perusahaan penyedia komponen mesin hybrid asal Perancis. Guillaume Devauchelle, Innovation Director Valeo mengatakan bahwa pada 2026 sedikitnya akan ada 27 juta kendaraan mild hybrid yang terjual.

Meski sudah banyak kendaraan mild-hybrid, Ia mengakui bahwa kendaraan bermesin bensin diperkirakan masih akan menguasai pasar global. Mobil listrik sendiri masih belum terlalu menguasai pasar global meski perkembangannya tetap baik.

Dibandingkan dengan kendaraan hybrid atau bahka plug-in hybrid, mild-hybrid kesempatan produsen untuk mengurangi bobot kendaraan. Hal ini karena jumlah komponen kendaraan menjadi jauh lebih sedikit.

Namun, efisiensi bahan bakar dari mild-hybrid memang tidak semaksimal teknologi lainnya. Namun teknologi ini dianggap cocok untuk era pengalihan antara teknologi bensin ke teknologi hybrid dan listrik di masa depan. Tidak heran sejumlah produsen kendaraan dunia seperti VW Group, Daimler, Hyundai, Kia dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, teknologo mild-hybrid sudah diaplikasikan di beberapa kendaraan. Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu, Audi menghadirkan Audi A8 L yang merupakan kendaraan mild-hybrid.

A8 L generasi keempat tersebut dapat berjala konstan dalam kondisi mesin mati dan bisa dinyalakan kembali dengan proses halus. MHEV pun mempunyai fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energi hingga 12 kW, menjadikannya mampu menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar