Kendaraan Harus Dibatasi untuk Atasi Macet dan Polusi

Berita Otomotif

Kendaraan Harus Dibatasi untuk Atasi Macet dan Polusi

SHENZHEN - Populasi kendaraan yang terlalu banyak di sebuah kota menimbulkan banyak efek negatif. Selain kemacetan yang merajalela, polusi udara adalah ancaman langsung bagi kesehatan warga. Pembatasan kendaraan pun dilakukan oleh sejumlah pemerintah kota di seluruh dunia.

Namun, seperti Beijing dan Shanghai, Shenzhen, sebuah kota di selatan China punya cara unik dalam upaya membatasi populasi kendaraan di wilayahnya. Kota yang memiliki 11 juta warga itu membatasi jumlah izin mobil baru tiap tahun.

Dalam setahun, pemerintah Shenzhen akan membatasi jumlah pelat nomor mobil baru hanya 100.000. Jadi percuma saja punya uang untuk beli mobil baru bila tidak kebagian pelat nomornya.

Menurut Bloomberg yang dikutip Carscoops, saat ini setidaknya ada 3 juta kendaraan di jalan-jalan Shenzhen. Karena itu sistem kuota pelat nomor ini diberlakukan selama lima tahun ke depan termasuk alokasi untuk 20.000 kendaraan listrik.

Bagi warga yang ingin memiliki mobil baru, mereka harus menempuh banyak aturan. Setengah dari kuota akan dikeluarkan dengan sistem lelang, sementara setengah lagi akan diberikan bagi mereka yang beruntung karena akan diundi. [Syu/Idr]

Temukan Mobil Idaman Anda di sini

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual