Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Kendaraan Dinas Baru TNI AD Keren! Dari Xpander Hingga Land Cruiser

Berita Otomotif

Kendaraan Dinas Baru TNI AD Keren! Dari Xpander Hingga Land Cruiser

JAKARTA – Para prajurit TNI AD punya kendaraan dinas baru dari berbagai macam merek dan model. Ada sepeda motor trail maupun mobil seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Land Cruiser Prado.

TNI AD, melalui akun YouTube resminya pada 1 Mei 2021 kemarin, memublikasikan pengadaan 547 kendaraan dinas. Mayoritas merupakan kendaraan roda empat.

“Roda empatnya 309 unit dan sisanya sepeda motor. Ini adalah program tahun anggaran 2020 untuk seluruh Indonesia untuk tahun ini (2021),” ucap Kapuspalad Mayjen TNI Sigid W dalam video tersebut.

Berdasarkan pengamatan di video, model kendaraan dinas terbaru TNI AD amat beragam. Di roda empat terdapat misalnya Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Mitsubishi Triton, Toyota Land Cruiser Prado.

Tampak pula deretan truk maupun bus.

Untuk roda dua, terdapat model – model motor trail. Selain Honda CRF, terlihat Kasawaki KLX.

“Ini warna terbaru untuk kendaraan dinas TNI AD. Catnya pun belum ada di pasaran. Jadi cat khusus,” terang Sigid.

Font di pelat nomor kendaraan juga spesifik yakni Montserrat. Ukurannya sudah ditentukan dan tidak boleh di-bold.

“Yang menentukan adalah bapak Kasad (Jendral TNI Andika Perkasa), mulai dari warna sampai nomor. Semuanya bapak Kasad,” lanjut dia.

Andika Perkasa, dalam kata sambutannya, mengatakan bahwa Markas Besar TNI pasti memikirkan segala hal. Termasuk mengenai pengadaan kendaraan dinas yang sudah lama tidak mereka laksanakan.

“Ini baru (tahun anggaran) 2020. Pada (tahun anggaran) 2021 akan lebih banyak lagi daripada 2020… Saya yakin ini pengadaan terbesar dalam sejarah kita, maksudnya dalam satu kali pengadaan,” ujar dia.

Tak berlama – lama, Andika pun menginstruksikan kepada para pasukan TNI AD untuk menuju kendaraan dinas mereka masing – masing.

“Oke, sudah siap menerima? Untuk (seremoni simbolis) penyerahan kunci, enggak usah, lah. Tapi saya ingin sekarang coba Land Cruiser Prado. Siap dibawa pulang? Enggak mau menunggu sebulan lagi? Siap benar? Sekarang juga, langsung menuju kendaraan masing – masing. Langsung bawa pulang,” tegas dia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar